Laksanakan Kegiatan Non Fisik, Satgas TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Sosialisasikan Cara Aman Dalam Penggunaan Tabung Gas Serta Rawat dan Kenali Kebocoran

Kubu Raya -liputansumsel.com--
 Pasiter Kodim 1207/Pontianak (Kapten Infanteri Jiyo) bekerja sama dengan Pertamina melaksanakan sosialisasi tentang tabung gas dalam rangka program TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak di Dusun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (06/07/2021).
Ahli utama keselamatan gas Pertamina (Muhammad Farid Akbar) menuturkan, salah satu kunci utama menghindari kecelakaan ledakan akibat tabung adalah perawatan kompor gas beserta aksesorinya secara layak. Aksesoris yang dimaksud adalah selang, tabung, dan klem atau cincin pengaman. Ia mengatakan, konsumen yang menggunakan tabung gas harus selalu mengingat bahwa tabung tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.
“Tabung harus dalam posisi berdiri, hindari dari nyala api yang terbuka, seperti rokok dan lampu minyak. Selain itu, tabung harus disimpan di tempat kering, tidak basah dan tidak diperkirakan menimbulkan korosi. Ketika membeli, pastikan seal cap masih terpasang. Jangan lupa, rawat valve pada tabung” ujarnya.
Khusus selang, farid meminta agar konsumen menjaga kebersihannya. “Hindari dari gigitan hewan, seperti tikus, sayatan benda tajam, ataupun terkena nyala api. Jangan sampai letak selang tertindih atau terlipat. Selang juga harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang tertumpah agar tidak menarik tikus. Lakukan pemeriksaan harian pada selang untuk mengetahui kebocoran” ucapnya
Terkait klem atau cincin pengaman, ia meminta konsumen memastikan bahwa aksesoris tersebut benar-benar terpasang erat pada sambungan selang dengan kompor. Antara selang dan regulator juga harus terpasang erat untuk menghindari kebocoran.
Sementara itu, Kapten Infanteri Jiyo mengatakan, “Kegiatan sosialisasi ini mudah-mudahan masyarakat memahami dan mengerti sebagai pengetahuan atau bekal dalam kehidupan sehari hari untuk tidak kalut atau gugup bila menemui kejadian yang tidak diharapkan” katanya.
(Pendim 1207/Pontianak)

No comments

Powered by Blogger.