Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah, Hadiri Pembukaan Festival Bahari Rabab Pasisie, Bersama Gubernur di Sungai Nyalo.


Padang, Painan, Liputansumsel.com -- Wakil Bupati Pesisir Selatan  Apt. Rudi Hariansyah, S.Si, menghadiri  pembukaan Festival Bahari Rabab Pasisie di Amphitheater Sungai Nyalo,  Kawasan Wisata Mendeh Kecamatan Koto Tarusan,  Pesisir Selatan, Sabtu (7/8).


Acara Festival Bahari Rabab Pasisia, yang akan berlangsung dua hari (7-8/8) tersebut dibuka Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.


Pembukaan Festival Bahari Rabab Pasisie, ditandai dengan menggesek biola oleh gubernur bersama Wakil Bupati Rudi Hariansyah, dan Anggota DPRD Sumbar Muhayatul.


Turut hadir bersama gubernur,  pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Muhayatul SE. M. Si, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Hadi Susilo dan anggota Forkopimda Pesisir Selatan.


Pada kesempatan itu Wakil Bupati, Rudi Hariansyah, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan teristimewa kepada Anggota DPRD Provinsi Sumatera Muhayatul SE. M. Si, yang telah mengalokasikan dana pokok pokok pikirannya untuk kegiatan festival Bahari Rabab Paisisie di Pesisir Selatan.


" Diharapkan, kolaborasi dan sharing program antara Pemerintah Sumatera Barat, dan Kabupaten Pesisir Selatan terjalin terus guna mendorong upaya membangkitkan geliat keperiwisataan dan perekonomian masyarakat," ujar Wabup Rudi Hariansyah.


Menurut Rudi, kegiatan festival semacam ini sangat efektif untuk menjadi sarana promosi pariwisata, terlebih disaat pandemi covid 19.


" Mari kita viralkan kegiatan  festival di media sosial sehingga dikenal oleh wisatawan dan investor," ajaknya.


Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Muhayatul SE menyampaikan tujuan digelar Event Festival Bahari Rabab Pasisie, untuk mengembalikan memori masyarakat akan kesenian Rabab yang sudah mulai hilang di tengah masyarakat.


Dalam kesempatan,Muhayatil, mengusulkan kepada Gubernur Sumatera agar kesenian rabab dimasukan sebagai kegiatan ekstrakurikiller di sekolah mulai dari SD hingga SMA.


Selanjutnya Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menyampaikan apresiasi atas terselenggara event Festival Bahari Pesisir Selatan Rabab Pasisie dengan baik, kita patut bangga kerena kesenian Rabab ini merupan salah satu kesenian khas Kabupaten Pesisir Selatan, dan tidak ada di tempat lain.


Dikatakan,  pemenang festival rabab akan diundang ke istana gubernur untuk mengisi acara provinsi.

 

Menurut gubernur, di Pesisir Selatan banyak event lain yang bisa  digelar kawasan Mandeh contohnya pacu sampan atau jet ski.


Kadis Parawisata Kabupaten Pesisir Selata, menambahkan, Festival Bahari Pesisir Selatan Rabab Pasisie, kali ini digelar dengan format yang berbedah bila dibandikan event sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan saat pendemi Covid 19 yang masih melanda dunia, oleh karenanya kita harus melaksanakan kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi Mobilitas dan serta menyerahkan Event tanpa penonton. 


Kegiatan ini di ikuti 20 orang perabab yang merupakan anggota Himpunan Seniman Babiola. " Kegiatan ini dapat diaksikan  secara virtual melalui palafon media sosial (instagram, Facebook, Zoom App dan Youtube channel)." tutupnya.(EL).

No comments

Powered by Blogger.