Antisipasi Terjadinya Konflik, Pj Bupati Pimpin Apel Personel Pengamanan Pilkades 2021


Muara Enim, Liputansumsel.com Mengantisipasi kerawanan dan potensi konflik sosial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Muara Enim pada 14 Oktober dan terutama pasca-penetapan calon Kades terpilih pada 16 Oktober mendatang, Selasa pagi (12/10/2021) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., memimpin Apel Pergeseran Personel dalam Kesiapsiagaan Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Muara Enim tahun 2021 di Polres Muara Enim. Dalam arahannya, Pj. Bupati menginstruksikan agar mengerahkan seluruh sumber daya yang ada, baik personel maupun peralatan sehingga mampu mengantisipasi dan menangani konflik yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 


Dalam apel yang dihadiri oleh Kapolres dan Forkopimda Kabupaten Muara Enim serta diikuti oleh para personel dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Muara Enim ini, Pj. Bupati menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mengevaluasi dan menginventarisir kekuatan personel dalam kesiapsiagaan menghadapi penyelenggaraan Pilkades serentak. Melalui apel ini, dirinya mengajak agar semua tim yang bertugas mempersiapkan diri demi meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bahaya dan dampak dari potensi konflik disaat maupun sesudah pemungutan suara dan juga setelah penetapan calon Kades terpilih. 


Pj. Bupati-pun mengingatkan agar para petugas pengamanan tetap menjaga komitmen netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat serta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga mampu mengantarkan Pilkades Kabupaten Muara Enim yang damai dan berkualitas. Dalam kesempatan ini Pj. Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada AKP. Indrowono, S.H., M.Si., Kasatlantas Polres Muara Enim atas inovasi dan kinerjanya dalam upaya penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Muara Enim. Selesai apel dilanjutkan dengan pengecekan personel di seluruh kecamatan melalui media daring.

No comments

Powered by Blogger.