Atasi Titik Rawan Banjir, Kecamatan Kalidoni Usulkan Pembangunan Box Culvert


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Sebagai langkah pengendalian pengatasan banjir yang mengenangkan pemukiman warga kelurahan sei selayur, sei selincah dan sei lais, pemerintah kecamatan Kalidoni usulkan pembangunan Box Culvert.


Camat Kalidoni M Rama Cahya Putra menyampaikan permasalahan banjir yang melanda pemukiman warga  disebabkan oleh beberapa faktor seperti  curah hujan yang terlalu tinggi dan kondisi air sungai musi yang saat ini sedang mengalami pasang.


"Saat ini kita terus berupaya agar dampak banjir yang masih dirasakan oleh masyarakat dapat segera teratasi, mengingat saat ini etensitas curah hujan yang begitu tinggi serta air sungai lagi mengalami pasang sehingga menyebabkan pemukiman warga seperti dikelurahan sei selinca, sei selayur dan sei lais menghadapi kondisi banjir,"ujarnya, kamis (13/01/2022).


Rama menjelaskan sebab sering terjadinya genangan air ditiga kelurahan tersebut dikarenakan kondisi teritorial  berdekatan dengan  sungai musi sehingga ketika air sungai musi lagi pasang pemukiman warga acap kali sering mengalami banjir.


Untuk pengendalian banjir tersebut saat ini yang dilakukan pemerintah kecamatan kalidoni  dengan cara normalisasi dan pemecahan aliran air.


"Normalisasi sungai telah dilakukan dan saat ini kami sedang mengatasi aliran air agar tidak banjir dengan cara memecah air di sepanjang jalan Residen Abdul Rozak sebagian kearah Sungai Buah dan di sepanjang jalan Mayor Zen ke Sungai Juaro dan untuk memecah kembali air tersebut dengan menyeberang jalan Mayor Zen menuju Pusri,"ungkapnya.


Untuk memecah  aliran air ditiga kelurahan tersebut saat ini pihaknya sedang  mengusulkan  pembangunan box culvert yang kini sedang dalam pembuatan draf, yang mana nantinya akan kita ajukan ke pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan PT.Pusri.


"Untuk masyarakat yang terkena dampak banjir harap tetap bersabar dan tak lupa kami juga mengimbau kepada  warga agar jangan membuang sampah sembarangan, dan untuk selalu melaksanakan gotong royong mandiri secara berkala agar drainase lancar, serta berharap di saat hujan dapat segera surut,” pungkasnya (Ali)

No comments

Powered by Blogger.