Pelajar SDN 1 Lubuk Makmur Sulap Sampah Organik jadi Kompos.


OKI, LiputanSumSel.Com- Setelah dinyatakan lulus sebagai Sekolah Penggerak dan akan memulai Diklat Komite Pembelajaran pada bulan Mei 2022 mendatang, SDN 1 Lubuk Makmur (SDN Salumar) Kecamatan Lempuing Jaya, OKI tingkatkan kreativitas pelajar dan kemampuan problem solving (penyelesaian masalah)  dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.

.

"Kecangihan teknologi ini harus kita optimalkan untuk menunjang proses pembelajaran sekaligus mengasah kreativitas para peserta didik salah satu dengan mengelola sampah organik menjadi kompos", terang Kepala Sekolah SDN1 Lubuk Makmur, Heru Didik Krisdian, M.Pd  di ruang kerjanya, Sabtu (5/03).

.


Heru menambahkan, luasnya halaman sekolah yang dikelilingi banyak pepohonan berbanding lurus dengan  produksi sampah, hal inilah yang kemudian menjadi motivasi untuk mengelola sampah tersebut menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

.

"Pengolahan sampah organik menjadi kompos merupakan bagian dari pembelajaran berbasis proyek atau (project basic learning) yang dilakukan oleh siswa /siswi kelas 4,5, dan 6. Kegiatan ini diyakini mampu mengasah kreativitas para pelajar", kata Heru Didik.

.

Kepala Sekolah SDN 1 Lubuk Makmur tersebut menjelaskan para pelajar  mengolah sendiri sampah organik yang ada dengan mencampurkan bahan Em4 dan Mol serta bahan lainnya sampai menjadi kompos yang bisa digunakan.

.

Disampaikan Heru Didik bahwa seluruh proses pembelajaran di SDN1 Lubuk Makmur ini menggunakan metode student center learning (pembelajaran yang berpusat pada peserta didik). Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung penguatan karakter sesuai Profil Pelajar pancasila.

.

"Kita ingin, pelajar di SDN 1 Lubuk Makmur selain memiliki kecerdasan secara akademik, juga memiliki keberanian dalam berinovasi, karakter sebagai Pelajar Pancasila serta mampu menjadi pioner untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui pengolahan sampai organik menjadi kompos yang lebih bermanfaat", pungkasnya.

( Povi ).

No comments

Powered by Blogger.