Tampilkan Budaya dan Kuliner Daerah, Fauziah Mawardi Yahya Terpesona dengan Anjungan Muara Enim


Muara Enim, Liputansumsel.com Kabupaten Muara Enim tampil memukau di Festival Anjungan Provinsi Sumatera Selatan 2022. Dengan rumah adat Tunggu Tubang dan beragam kuliner khas di dalamnya, Plh Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi bersama Dewan Kesenian Rakyat Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim yang dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari SSTP MSi berhasil memikat para pengunjung festival yang dibuka oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Komplek Dekranasda Sumsel Jakabaring Kota Palembang, Kamis(23/06/2022). Tak terkecuali Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya yang datang mengunjungi anjungan Kabupaten Muara Enim turut menyampaikan kekagumannya menyaksikan pesona budaya yang ditampilkan Bumi Serasan Sekundang. 


Disambut tarian selamat datang dan Bujang Gadis Serasan Kabupaten Muara Enim, Wakil Ketua TP PKK Sumsel bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal SP MSc dan Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ir Hj Ernila Rizar MM menaiki rumah adat Tunggu Tubang. Di dalam rumah, Plh Bupati didampingi Pj Sekda Kabupaten Muara Enim Drs Emran Tabrani MSi bersama Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim menjelaskan secara detil filosofi rumah adat Tunggu Tubang ini, termasuk berbagai kuliner maupun keberagaman budaya Bumi Serasan Sekundang yang tersebar di 22 kecamatan. Wakil Ketua TP PKK Sumatera Selatan menyampaikan rasa kagumnya dengan keaslian budaya yang ditampilkan. 


Ketua TP PKK-pun menjelaskan beberapa kuliner khas diantaranya sengkuang, bawa gulai, gulai hehancah, sambal unji, sambal kepayang, sambal tempoyak, teh rosela dan tentu saja kopi Semende. 


Plh Bupati berharap, keberadaan anjungan ini dapat menjadi representasi pariwisata, adat dan budaya Kabupaten Muara Enim, khususnya di Kota Palembang sebagai ibukota provinsi. 


"Dengan demikian dirinya berharap berbagai potensi Kabupaten Muara Enim dapat dengan mudah diakses dan dipamerkan sehingga dapat menginisiasi para wisatawan untuk datang langsung melihat potensi yang ada di Kabupaten Muara Enim," tutur Plh Bupati.

No comments

Powered by Blogger.