Hari Guru Nasional, SDN 1 Cahya Maju Jadikan Momentum untuk Perkuat Peran Pendidikan


OKI, LiputanSumsel.Com - Sempat terkendala karena pandemi, tahun ini SD Negeri 1 Cahya Maju Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI Provinsi SumSel bisa kembali  memperingati Hari Guru Nasional ke-77 dengan penuh suka cita belum lama ini, Seluruh civitas akademika berkomitmen untuk meningkatan peran pendidikan dan kualitas sumber daya yang ada.


Kepala  SDN 1 Cahya Maju, Buhairi S.Pd mengatakan guru memiliki peran strategis untuk membentuk karakter peserta didiknya sehingga bersemangat belajar, berkarya dan berkolaborasi. Terlebih pendidikan dasar akan menjadi pijakan awal atau bekal para peserta didik ke depannya.


"Kita guru dan seluruh civitas akademika merupakan garda terdepan dalam menciptakan sumber daya manusia berkarakter, mampu  bersaing dan bermanfaat dengan potensi yang dimiliki maka dari itu guru harus menjaga etos kerja dimanapun bertugas untuk capaian yang lebih optimal", kata Buhairi.


Terlebih dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, disampaikan Buhairi guru harus cerdas beradaptasi dengan kemajuan dan menggunakan alat kecanggihan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran.


"Semua sekarang serba digital, kita para guru juga dituntut dan menjadi keharusan untuk bisa menerapakan Student Center Learning atau Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Maka dari itu, siswa jadi lebih mandiri dan guru bisa memfasilitasi pengembangan potensi dan keterampilan peserta didik lebih maksimal", imbuhnya.


Buhairi berharap ke depannya guru-guru khususnya guru SD Negeri 1 Cahya Maju mampu melahirkan generasi penerus yang berakhlak dan berkualitas dengan berbagai kreativtas dan inovasi yang mereka miliki tutupnya.(PD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.