Terkait Unjuk Rasa Bubarkan Pengurus KUD, Ketua KUD Cinta Gading Angkat Bicara


OKI, LiputanSumSel.Com - Menanggapi Unjuk Rasa yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cinta Jaya Senin Kemarin, membuat Ketua KUD Cinta Gading Desa Cinta Jaya yakni Rasyidi Toyib memberikan Keterangannya terkait beberapa tuntutan yang di sebutkan dalam Aksi Demo di depan Kantor Dinas Koperasi dan UMKM  OKI tersebut.


Dalam tuntutan masa Demo yang notabennya adalah Masyarakat Cinta Jaya,  telah menyebutkan Dugaan adanya ketidaktransparanan yang dilakukan oleh ketua KUD Cinta Gading Desa Cinta Jaya.


Namun dalam hal ini Rasyidi selaku Ketua KUD Cinta Gading saat diKonfirmasi dikediamannya memberikan Sanggahan dengan Gamblangnya Selasa 21/03/23 Mengatakan" Untuk Tuntutan pertama yang diterangkan oleh pendemo perihal Pihak KUD tak pernah melaporkan kegiatan KUD pada kepala Desa itu tidak lah benar"Pungkasnya.


Mengapa demikian? karena tidak ada kewajiban pengurus KUD untuk melaporkan ke Kepala Desa kecuali kepada Anggotanya karena Kepala Desa disini selaku Pembina, dan Kepala Desa yang menjabat saat ini juga dinilai tidak berada dikediaman diDesa ia menjabat"Ungkapnya.


Lanjutnya"lagipula pada tahun tahun sebelumnya KUD Cinta Gading masih berkordinasi kepada pemerintah Desa untuk seluruh kegiatan KUD baik itu Laporan, penetapan CPCL, bagi bagi SK Plasma, dan lain sebagainya" Terangnya.


Lanjut Sidi (begitu sapaan akrabnya)"dikatakan tidak ada laporan dalam tuntutan pendemo karena, ditahun kepala desa menjabat saat ini belum ada CPCL yang diserahkan ke masyarakat, dan sebelumnya juga kami sudah laporan secara lisan kepada Dinas Koperasi perihal RAT"Jelasnya.


Tambahnya" RAT kami terhambat karena kami masih menghitung, menginventaris seluruh aset aset akibat dampak Bangkrutnya PT Gading Cempaka, namun demikian kami tetap membuat laporan keuangan setiap tahunnya, hanya saja RAT tersebut kami lakukan tiga Tahun sekali belakangan ini, karena dirasa tidak terlalu banyak hal yang mesti dirapatkan terkait PT Gading Cempaka yang telah alami Bangrut"Jelasnya.


Masih dengan Sidi"Berkenaan dengan lamanya saya menjabat sebagai ketua KUD yang terhitung sudah hampir 15 tahun itu murni dipilih atau diminta langsung oleh anggota KUD, jadi apabila ada anggota KUD yang merasa keberatan dengan jabatan saya sebagai Ketua KUD saya siap mundur dari jabatan saya tapi itu harus murni keinginan anggota KUD.

Karena saya juga Memantau dari Gelaran aksi unjuk Rasa tersebut tak ada satupun Anggota KUD yang ikut unjuk rasa tersebut jadi saya bingung ini kepentingan siapa? Ujarnya.


Menyinggung perihal tujuan KUD yakni mensejahterakan anggotanya, hampir keseluruhan semua petani plasma adalah masyarakat Desa Cinta Jaya,namun ada juga masyarakat tanjung serang, Pulau Geronggang yang juga ada izin prinsip dari Bupati yang dimintai oleh pihak PT gading cempaka tersebut"Tutupnya.(Pov)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.