Tahun Ini, Pemkot Pangkalpinanh Targetkan Zero Stunting


PANGKALPINANG, Liputansumsel.com, -- Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi pencegahan stunting yang ada di Kota Pangkalpinang. Kegiatan yang diikuti sebanyak 600 peserta tersebut terdiri dari para pelajar sekolah SMP dan SMA. 


Dalam hal ini, Kepala Dinas Kesehatan, Dr. dr. Masagus Hakim mengatakan langkah atau upaya yang dilakukan pihaknya dalam melakukan pencegahan tersebut.


"Langkah yang kita lakukan ada ABCD dan E. A adalah aktif minum tablet tambah darah. B adalah Bumil teratur periksa kehamilan. C adalah cukupi konsumsi protein hewani. D adalah datang ke posyandu setiap bulan. Dan E adalah ekslusif ASI 6 bulan," ucap Masagus Hakim. Rabu (24/05/2023), di Puskesmas Girimaya.


Lanjutnya, dalam melakukan upaya tersebut, pihaknya telah mengeluarkan SK walikota yakni pencegahan stunting tingkat Kota Pangkalpinang yang di Ketuai oleh Sekda Kota Pangkalpinang, Mie Go, Wakil Ketua I, Kepala DPPPAKB, Agustu Afendy, dan Wakil Ketua II, Dinas Kesehatan, Dr. dr. Masagus Hakim.


"Saat ini angka stunting di Pangkalpinang yaitu 12,9 persen, sedangkan nasional itu 21 persen. Kita targetkan tahun ini nol kasus,” jelasnya.


Sementara itu, Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil menyampaikan perasaan senang nya dengan adanya kegiatan ini. Karena hal ini sangat lah penting bagi masyarakat khususnya di Kota Pangkalpinang.


"Alhamdulillah saya senang bisa berkumpul dan silahturahmi bersama adik adik, bapak dan ibu semuanya, yang mana dalam rangka gerakan cegah stunting itu penting," ucap pria yang akrab disapa Molen.


Dirinya juga berharap Kota Pangkalpinang harus masuk dalam kategori zero stunting. (Iqbal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.