Satu-Satunya di Provinsi Sumsel, Pemkab Muara Enim Kembali Sukses Raih Anugerah KPAI dan KLA Nindya Tahun 2023


Muara Enim, Liputansumsel.com--Berkat konsistensi memberikan perhatian perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali menetapkan Bumi Serasan Sekundang sebagai salah satu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terbaik di Indonesia dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Selatan yang menerima penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2023. Penghargaan berupa tropi dan sertifikat diterima langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah S.H., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., Ph.D dari Ketua KPAI Ai Maryati Solihah S.Pd., M.Si., di Studio Grand Metro TV, Jakarta, Kamis (20/07/2023).


Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati yang hadir bersama Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah, S.E menyampaikan apresiasinya atas penghargaan dari KPAI yang disaksikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati S.E, M.Si.


Menurut, Plt Bupati penghargaan ini tak lepas dari kerja keras dan kesungguhan jajarannya, khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim dalam menyajikan pelaporan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak secara akurat dan komprehensif.


Lebih lanjut, dirinya berharap melalui penghargaan yang telah diterima tersebut dapat lebih memacu Pemkab Muara Enim dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan melalui kebijakan dan program pembangunan daerah yang berpihak terhadap terpenuhinya hak dan perlindungan anak.


Sementara itu seusai acara, Menteri PPPA menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkab Muara Enim yang kembali menerima penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2023 dan mengharapkan semoga penghargaan yang diterima dapat menjadi motivasi untuk lebih memberikan perhatian dalam hal pemenuhan hak dan perlindungan anak.


Selain itu, Pemkab Muara Enim juga sukses dalam pertahankan predikat Kabupaten Layak Anak Nindya, Menteri PPPA Puji Komitmen Muara Enim dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak.


Pemkab Muara Enim kembali torehkan prestasi gemilang dalam upaya pemenuhan hak dan komitmen perlindungan anak. Setelah hari Kamis kemarin (20/07/2023) menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas perhatian perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP), Sabtu malam (22/07/2023) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA)-pun menganugerahkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023 Kategori Nindya kepada Bumi Serasan Sekundang.


Piala dan piagam penghargaan diterima langsung Plt. Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M., LL.M., Ph.D., dari Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga di Kota Semarang, Jawa Tengah.


Dalam keterangannya, Plt Bupati yang hadir bersama Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki, B.Sc dan Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah S.E menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim memiliki berkomitmen dalam melindungi dan mewujudkan pemenuhan hak dasar anak yang meliputi hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, hak partisipasi dan hak identitas anak sesuai dengan Undang-undang No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.


Komitmen maupun pencapaian ini menurutnya tak lepas dari usaha-usaha holistik dan terintegrasi berbagai pihak, baik pemerintah daerah, dunia usaha, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.


Sementara itu, secara khusus Menteri PPPA mengapresiasi kinerja dan capaian Pemkab Muara Enim. Menurutnya prestasi SIMEP dari KPAI dan predikat KLA Kategori Nindya yang diraih Kabupaten Muara Enim tersebut merupakan sebuah kesinambungan upaya yang patut dicontoh daerah lainnya.

Demikian halnya Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah M.Si menilai Pemkab Muara Enim telah menunjukkan perhatian yang luar biasa dalam mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan. Tidak hanya aksi nyata, namun menurutnya juga didukung oleh regulasi dan sistem yang telah dibangun dengan baik.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.