Balitbangda Gelar FGD


PALI. liputansumsel.com– Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), menggelar Focus Group Discussion (FGD) persiapan awal penyusunan dokumen Rencana Induk dan Peta Jalan Daerah (RIPJD) Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).


Kepala Badan (Kaban) Balitbangda PALI Deasy Rossalia mengatakan, FGD kali ini bertujuan untuk penentuan  penyusunan dokumen RIPJPD IPTEK  di daerah, selain itu kegiatan ini dalam rangka penetapan produk unggulan di Bumi Serepat Serasan.


“Usulan ini akan di masukkan di RIPJPD tahun 2024 nantinya, FGD kali ini dihadiri beberapa OPD yang bersingungan langsung, diantaranya Dinas Pertanian, Disperindag, Dinas Koperasi dan UMKM,” ujarnya.


Menurut Kabanlitbangda ini, RIPJPD merupakan dokumen teknis penunjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan dalam FGD ini di indentifikasi beberapa produk unggulan daerah PALI, yaitu Sagururung, Kripik Jengkol, kerajinan aluminium, klaster pariwisata candi Bumi ayu dan batik PALI.


“Indentifikasi hari ini akan ditindak lanjuti dengan kajian lebih lanjut secara akademis,” ujarnya. rabu (8/5/24).


Masih menurut Deasy Rossalia, dari 6 Produk Unggulan tersebut, masih ada unggulan lainnya yakni Klaster Pariwisata candi Bumi ayu dan akan ada tarian kebudayaan dan makanan.


Acara ini dihadiri oleh Kadin Koperasi dan UMKM, Perwakilan Bappeda, Dinas Perikanan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Penyuluh Pertanian, tim pengembangan inovasi daerah dan diadakan di Guest House Rumah Dinas Bupati.


Adapun narasumber hari ini, yakni Bapak Drs.Priyambodo D.,M.Si, Ir.Atang, Drs. Joko Dwiheriyanto, MM, jabatan sebagai Perekayasa Badan Riset Inovasi Nasional.(AMD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.