Walikota Palembang Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Sebagai Pola Hidup Sehat

Palembang,Liputan Sumsel.Com--Walikota Palembang H.Harnojoyo menilai memborong masker dalam jumlah yang banyak hanya akan merugikan banyak kalangan, bahkan aksi borong masker yang terjadi usia pengumuman Presiden RI Joko Widodo menyebutkan dua warga terjangkit corona langsung berdampak sulitnya masker ditemui dipasaran.

“Jangan ikut mempengaruhi kelangkaan masker dipasaran, karena pembelian masker dalam jumlah yang besar ini menimbulkan kelangkaan,” kata Harnojoyo, Rabu (4/3/2020).

Menurut orang nomor satu di Kota Palembang ini, warganya jangan terlalu berlebihan menghadapi isu corona, dan jangan hanya corona saja yang perlu diantisipasi akan tetapi harus lebih membentengi diri dari segala penyakit.

“Karena masker ini dari yang saya baca dan menurut pendapat ahli tidak bisa dipakai sepenuhnya untuk menghindari virus corona. Baik memang dalam mencegah tetapi, jangan jadi terlalu sekali, gunakan masker sewajarnya dan masyarakat jangan salah kaprah,” tegasnya.

Pola hidup sehat menurutnya paling penting, menjaga kebersihan diri haruslah diutamakan.

“Hal paling penting adalah memperhatikan kesehatan diri dan jangan lupa berdoa. Sebab bukan hanya corona baru menjaga. Setiap penyakit lainnya juga, sebab penyakit kalau sudah bersarang di tubuh sangat mengangu aktivitas,” kata dia.

Harnojoyo menjelaskan, menghadapi virus corona ini, masyarakat jangan sampai panik. Apalagi mengpengaruhi  jumlah masker yang menipis.

“Tanpa masker bisa cari alternatif lain, misal menggunakan saputangan atau kain untuk menjaga udara kotor masuk. Jadi janganlah sampai membuat takut diri sendiri,” jelasnya.

Meski Kota Palembang terbilang aman, kata Harnojoyo, antisipasi harus tetap dilakukan.

“Melihat situasi ini, sudah jelas Dinas Kesehatan pun bakal lakukan tindakan. Masalah posko kesehatan, sekarang puskesmas dan rumah sakit sudah sangat aktif dan untuk penambahan (posko) bisa saja nanti,” tandas dia.(Rl/A2).
loading...

Post a Comment

0 Comments