Prakarsai Pengukuran Toleransi Tingkat Kabupaten di Indonesia, Pemkab Muara Enim Terima Penghargaan


Muara Enim, Liputansumsel.com--Menjadi satu-satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Indonesia yang telah melakukan studi pengukuran kinerja dalam mengelola keberagaman, toleransi dan inklusi sosial, SETARA Institute selaku organisasi perkumpulan yang didirikan untuk mewujudkan masyarakat setara, plural dan bermartabat memberikan penghargaan kepada Pemkab Muara Enim sebagai "Inisiator Pengukuran Toleransi Tingkat Kabupaten".


Adapun tanda penghargaan berupa piagam dan plakat ini diterima langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Hermin Eko Purwanto ST MT dalam Peluncuran Indeks Kota Toleran 2023 di Candi Singasari Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Selasa (30/01/2024).


Dalam kesempatan yang diberikan, Staf Ahli Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada SETARA Institute terhadap penilaian dan kepercayaan kepada Kabupaten Muara Enim sebagai pelopor kabupaten pertama di Indonesia dalam melakukan pengukuran toleransi melalui studi indeks kota toleran di Kabupaten Muara Enim.


Tentunya dirinya menyampaikan bahwa hal ini terwujud berkat kerja keras jajaran Pemkab Muara Enim di Bawah kepemimpinan Pj Bupati Dr H Ahmad Rizali MA yang berkomitmen dalam menjaga keberagaman, toleransi dan inklusi sosial di Kabupaten Muara Enim.


Selain itu juga, dijelaskan bahwa dukungan terhadap keberagaman dan toleransi di Kabupaten Muara Enim telah menjadi prioritas utama yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 dan akan dilanjutkan pada RPD 2024-2026," imbuh Eko.


Sementara itu Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Dr Ismail Hasani SH MH mengharapkan penghargaan yang diberikan dapat menjadi pemicu agar seluruh kabupaten/kota dapat terus meningkatkan praktik baik toleransi di Indonesia. Selain 10 kepala daerah penerima penghargaan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Plh Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kemendagri RI Ir Togap Simangunsong M App Sc.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.