Muratara Terima Penghargaan Presiden Sebagai DOB Berkinerja Terbaik




Musi Rawas Utara, LiputanSumsel.com. JAWA TIMUR-Suatu kebanggaan kembali dirasakan oleh Pemerintahan dan juga masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Lantaran dinilai sebagai Daerah Otonom Baru berkinerja terbaik di wilayah bagian barat tahun 2017.

Atas prestasi tersebut, bertepatan dengan  peringatan hari otonomi daerah, Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat diberikan pengharagaan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diserahkan oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh dirjen otonomi daerah DR. Sumarsono, MDM.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya, karena diusia Kabupaten Muratara yang ke-IV tahun ini, telah dinilai sebagai DOB berkinerja terbaik khususnya di wilayah bagian barat.


"Kita patut merasa berbangga, karena kita terpilih sebagai DOB terbaik se Indonesia bagian barat," kata dia, Selasa  (25/4).


Dikatakannya, Penilaian ini tentunya atas tidak terlepas dari capaian  terhadap peningkatan dibidang kebutuhan dasar, seperti Pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar. Selain itu penilaian terhadap pelayanan umum, dan pengelolaan keuangan daerah.

Untuk itu, Syarif Hidayat berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan Pemkab Muratara yang telah berupaya untuk lebih baik lagi. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja guna lebih baik lagi.

"Alhamdulillah, Muratara baik dimata pemerintah pusat, maka harus kita pertahankan dan ditingkatkan lagi, terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, terlebih kepada masyarakat dan aparat keamanan, TNI dan Polri," tutur dia.

Sementara itu Dirjen Otoda Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono mengatakan, peringatan Hari Otoda ke-XXI menjadi momentum tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan Otoda di daerah. Menurutnya, ada 542 pemerintah daerah yang dilakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Rinciannya ada 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota.

Evaluasi tersebut dilakukan secara terukur dengan melibatkan beberapa Kementerian (Kemendagri, Kementerian PAN-RB, Kementerian Keuangan, Kementrian Hukum dan HAM, Setneg, BAPPENAS, BKN, BPKP, BPS dan LAN) terhadap provinsi, kabupaten dan kota untuk memotret kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, terutama dari aspek manajemen pemerintahan.

“Setelah melakukan evaluasi, ada tujuh pemerintah daerah dengan kinerja terbaik nasional tiga tahun berturut-turut dan meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha. Selain itu juga diberikan penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha atas kinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tegas Sumarsono. (ADV/camiel)

No comments

Powered by Blogger.