Tahun 2019 Mendatang Palembang Zero Hole

Palembang, Liputan Sumsel.com - Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Palembang, Akhmad Najib melalui Kepala Dinas PU-PR Kota Palembang, Akhmad Bastari menyampaikan, untuk meminimalisir kerusakan jalan di Palembang, pihaknya terus melakukan perbaikan fisik.Untuk menginvetarisir kerusakan tersebut, telah dibentuk tim yang bertugas melaporkan secara langsung kerusakan jalan di Palembang.

"Jadi nanti akan ada tim yang mencari jalam yang rusak, serta melakukan survey jika ada laporan dari masyarakat. Nanti tim ini akan melaporkannya melalui foto dan pemberian tanda," jelasnya.

Bastari mengungkapkan, sudah satu bulan ini, tim penilik jalan dan jembatan tersebut, sudah berjalan lebih kurang satu bulan ini.

"Sejak diterapkan, kami mendapat kemudahan untuk bekerja memperbaiki jalan yamg rusak. Karena, melalui foto serta survey, dapat diketahui berapa besaran anggaran yang disiapkan untuk perbaikan," tuturnya.

Disinggung mengenai kerusakan jalan yang ada di Palembang, Bastari menerangkan jika kerusakam jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Palembang persentasinya tidak terlalu besar.Dimana, untuk kerusakan ringan sekitar 28,5 kilometer atau 4% dan kerusakan berat ada 41,41 kilometer atau 6% dari total panjang 681,75 kilometer jalan kota.

"Program zero hole 2018 yang dicanangkan Walikota akan segera terwujud sesuai visi misi Palembang EMAS (Elok Madani Aman dan Sejahtera). Apalagi, pada tahun ini, untuk pemeliharaan jalan dan jembatan dialokasikan sebesar Rp300 miliar," sampainya.

Lebih lanjut disampaikan Bastari, tim penilik yang dibentuk atas perintah Walikota Palembang yang saat itu dipimpin H. Harnojoyo ini, tidak hanya berfungsi terhadap jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Palembang.Dimana, hasil dari tim ini dapat menjadi rujukan untuk melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), Balai Besar Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BBPJN) termasuk Waskita yang akan memperbaiki ruas jalannya.

"Kita pastikan jalan protokol kota Palembang, zero hole saat pelaksanaan Asia Games dan seluruh jalanan Palembang ditargetkan zero hole pada 2019 mendatang," ungkapnya.

Untuk saat ini, PU-PR terus mendata kerusakan yang ada. Dan perbaikan sekarang diprioritaskan perbaikan di Kecamatan Gandus,  Sematang Borang dan Plaju.

"Kita akan libatkan semua pihak untuk dapat membantu perbaikan jalan. Seperti rencana Pelindo melalui dana CSR nya akan memperbaiki jalan di kawasan Boom Baru dan sekitarnya," tandasnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.