Pembangunan Siring Desa Meranjat 1 Terkesan Asal Jadi

Inderalaya.liputansumsel.com
Proyek pembangunan siring di Desa Meranjat I Kecamatan Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang menggunakan dana Desa tahun 2017 dengan besaran anggaran Rp 200 juta, terkesan  asal jadi dan kurang bermanfaat,  Pasalnya gara-gara proyek siring yang ditutup permanen dengan semen mengakibatkan rumah warga kebanjiran.

Hal ini diungkapkan oleh Do warga setempat, kemarin.  Dikatakannya gara gara siring tertutup tersebut, banyak warga mengeluh.  Dulu siring tersebut terbuka, namun sejak 2017 menjadi tertutup. Bahkan diduga siring dengan lebar 0,5meter dan panjang sekitar 20 an meter, tersebut tidak didalami atau dibuat ulang,  malah langsung ditutup

"itukan siringnya susah dibersihkan, banyak sampah, kalau kades jaman  dulu pernah membangun siring sistem buka tutup,  mudah dibersihkan jadi rumah warga saat musim hujan tidak banjir sampai masuk ke rumah. Bahkan diduga siring yang kecil itu langsung ditutup bukannya dilebarin dan dikeruk tanahnya agar aliran air lancar.  Jadi ini proyek dana desa siring ini asal jadi,  diduga banyak untungnya ini!. Jadi mana azas manfaat buat warganya? ,. Bagaimana sistem pengawasannya?, " keluh warga.

Sementara itu Kades Meranjat 1 Ferry Apriyansyah mengatakan daerah tersebut memang kalau hujn sering banjir. "itu dibangun dari awal bukan asal jadi, dananya ratusan juta saya lupa persisnya. Daerah itu memang sering banjir,  harusnya warga bersyukur jalan jadi lebih lebar,  akses transportasi tidak terhambat jangan mengeluh.  Saya tahu siapa itu orangnya,  paling dekat rumah tulah, "ujarnya.

Ditempat terpisah Kepala Badan PMD OI Trisnopilhaq mengatakan belum mengetahui hal tersebut, namun pihaknya akan mengecek ke lapangan.

"Sebenarnya dalam pembangunan itu antara kades dan masyarakatnya harus musyawarah mufakat dan partisipatif, agar lancar pembangunan di desanya, " jelas Kepala BPMD Oi.(rul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.