Organisasi Mahasiswa Teknik Kimia FT Unsri Gelar Sriwijaya Internasional Workshop On Energy And Enviroment (ISWEE 2018)

Palembang, Liputan Sumsel.com- Untuk meningkatkan daya saing global dan Internasional prodi teknik kimia, Organisasi Mahasiswa Teknik Kimia FT UNSRI (IMATEK) menggelar Sriwijaya Internasional Workshop On Energi And Enviromental (ISWEE 2018) di Grand Atayasa Convention, Kamis, (01/11/2018).

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 1-2 November 2018 ini menghadirkan pembicara para expert seperti Cologne University(Koln Hermanu), Bundesanstalt gue Material Ford bung und-prufung (Berlin Hermanu), King Mongkutt University Thailand, Sunchrotron Light Research Institut Bangkok Thailand, Queensland University (Australia), Institut Teknologi Bandung (Indonesia), Elnusa Indonesia (Jakarta) dan Universitas Sriwijaya dari Palembang.

Saat diwawancarai media Liputan Sumsel Sekretaris Jurusan Teknik Kimia UNSRI  Dr.Leily Nurul Komariah,MT. mengatakan bahwa Internasional Workshop ini diselenggarakan sesuai dengan bidang unggulan pendidikan dan riset yang diutamakan Prodi Teknik Kimia FT Unsri yaitu energi, pengelolaan lingkungan dan pengembangan produk Industri yang sejalan dengan visi-misi Fakultas Teknik dan Universitas Sriwijaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing global dalam berbagai bidang IPTEK di tahun 2025.

"Untuk para peserta yang mengikuti ISWEE ini melingkupi mahasiswa S1,S2, dan S3 dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang tertarik atau sedang memperdalam bidang energi dan lingkungan. sejauh ini jumlah peserta yang telah mendaftar mencapai 200 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik Thailand, Malaysia, Afghanistan, Bangladesh, Nigeria, Taiwan, dan Indonesia," ujarya.

Leily mengharapkan Melalui kegiatan workshop ini akan tersedia wadah untuk mempertemukan mahasiswa berbagai level dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

"Dengan ini kita dapat saling transfer pengalaman, pengetahuan, kemudian terbangunnya jejaring yang luas sampai pada gilirannya muncul ide, gagasan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas riset dan pendidikan, serta terjalinya kemitraan serta kolaborasi yang saling menguatkan dan saling menguntungkan disamping itu juga
Melalui berbagai kegiatan bertaraf internasional ,jurusan TK dapat menjadi prodi yang unggul dan diperhitungkan sebagai salah satu rujukan nasional dan semakin dikenal (recoknisi) di tingkat internasional setidaknya pada tahap awal ditingkat Asia,"ulasnya.

Leily menambahkan bahwa Pada waktu yang bersamaan Jurusan Teknik Kimia juga menyelenggarakan Lokakarya Strategi persiapan Akreditasi Internasional dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman menghantar prodi Teknik Kimia terkemuka di Indonesia yaitu Prof.Dr Ing.Ir.Misri Gozan,M.Tech, IPM Guru Besar Teknik Kimia Universitas Indonesia (experience with AUN dan IABEE), dan Assoc. Prof.IGBN Makertihartha dari Departemen Teknik Kimia ITB (experienced with ABET) yang dibuka oleh Rektor Universitas Sriwijaya dan moderator menunjuk Dr.Kiki Yulianti,MSC selaku Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu Pendidikan (LP3MP) UNSRI.

"Persiapan kegiatan ISWEE ini telah dilakukan sejak Juni 2018 dan didukung penuh oleh pimpinan Fakultas Teknik dan Universitas Sriwijaya. Rencana pada akhir tahun ini Jurusan Teknik Kimia akan mengirimkan 3 orang mahasiswa ke Saga University Japan untuk research internship dan segera mempersiapkan beberapa grouf mahasiswa dalam kolaborasi Riset Unggul bersama Ecophile Korea, KMUTT Thounburi dan Sunchrotron Light Research Institute di Bangkok Thailand,"pungkasnya (Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.