Cegah Tindak Kriminal Dan Jalin Silaturahmi, Ini Yang Di Lakukan Warga Rt.14


Pagaralam,Liputansumsel.com - Kalau melihat sinetron atau film-film dahulu sosok Hansip tak bisa lepas dari yang namanya Pos Kamling. Pos keamanan di lingkungan warga itu seolah menjadi 'rumah' bagi Hansip. Kini dengan dihapuskannya Hansip oleh pemerintah, sosok penunggu Pos Kamling itu tiada. Lagipula di perumahan-perumahan kini yang namanya Hansip sudah digantikan Satpam.

Soal Hansip ini, sesuai Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2014, Hansip telah dihapuskan sebagai bagian dari anggota Kamtibmas di setiap wilayah tempat tinggal masyarakat. Artinya, tak ada lagi pria berseragam hijau yang kadang bersarung menunggu di Pos Kamling.

Untuk itu warga Rt.14 Kelurahan Bangun Rejo,Kecamatan Pagaralam Utara,mengantisipasi dan mengenang jasa Hansip warga Rt.14 menggalakan kembali Ronda( Jaga malam) untuk menghindari kejadian tindak kriminal di lingkungan wilayah tersebut.

Kabrin S.Sos selaku Ketua Rt 14 Kelurahan Bangun Rejo, mengatakan saat di konfirmasi Wartawan " Kalo Zaman dulu kita ada yang namanya Hansip,sehubungan peraturan Presiden maka Hansip di hapuskan."ujarnya

Dengan kekompakan warga Rt 14 Kelurahan Bangun Rejo,Ketua Rt 14 langsung mengomandoi warganya untuk mengaktifkan kembali Ronda malam di lingkungan tersebut untuk meminimalisir tindak kriminal dan juga menjalin silatuhrahmi antar warga Rt 14.

" Ronda malam ini kita aktifkan kembali agar dapat mengurangi tindak kriminal,mengingat kalau di Kota Pagaralam ini terkenal dengan namanya Ujung tahun.yang mana masyarakatnya mayoritas Petani Kopi,mengingat musim panen masih lama dan biasanya tindak kriminal seperti pencurian biasa terjadi."

Sambung Kabrin " Selain menjaga keamanan tujuan kegiatan ini juga untuk mempererat tali silatuhrahmi antar warga." Pungkasnya (Rc/Jf/Hl)

Post a Comment

0 Comments