Gubernur Sumsel Resmikan Gedung Baru BPJS Kesehatan



Palembang, Liputan Sumsel.Com -  Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru dan Direktur Utama BPJS Kesehatan  Fachmi Idris secara simbolis meresmikan gedung baru BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu yang berada di Jalan Kol. H. Burlian KM. 5 Palembang, Jumat (12/01/2018).

Herman Deru menyampaikan dengan diresmikannya kantor baru BPJS Kesehatan Kedeputian wilayah Sumsel tersebut, diharapkan dapat memberikan pelayanan, fasilitas, dan kesadaran masyarakat yang lebih baik.

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi terhadap BPJS Kesehatan, karena telah menampakkan pelayanan yang terbaik. Dengan adanya peresmian kantor baru ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan, fasilitas, dan kesadaran masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya  "ujarnya.

Sebagai orang nomor satu di Sumatera Selatan Herman Deru juga memastikan Sumsel segera menjadi Provinsi Universal Health Coverage (UHC) tahun ini. untuk mewujudkan itu Gubernur Sumsel Herman Deru memacu kesadaran masyarakat untuk dapat mendaftar BPJS Kesehatan. selain itu juga, Gubernur akan mengeluarkan surat edaran ke perusahaan-perusahaan yang  beroperasi di Sumsel agar segera mendaftarkan karyawan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Ingatkan saya, secepatnya saya akan buatkan edaran itu ke perusahaan-perusahaan di Sumsel. Mereka wajib mendaftarkan karyawannya ke BPJS, kalau mereka tidak mau kita cabut izin usahanya," tegas Herman Deru.

Menurut Herman Deru layanan  kesehatan adalah hak setiap karyawan yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. Dan hal itu tak bisa disepelekan oleh perusahaan.

Saat ini jelas Herman Deru, dua kabupaten di Sumsel yakni Muaraenim dan Lahat sudah mencatatkan diri sebagai Kabupaten UHC. Sementara coverage BPJS kabupaten sebagian besar lainnya sudah mendekati 100%.

"Mudah-mudahan setelah kita gelontorkan dana dari Provinsi ini semua terpenuhi. Untuk masa transisi ini ada dana Rp56 miliar. Paling lambat enam bulan ke depanlah semua sudah tercover dan Sumsel segera menjadi Provinsi UHC menyusul Aceh dan DKI, karena semua memang harus bermuara ke JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) Sumsel Bersatu" jelasnya.

Sementara itu Direktur BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan dengan diresmikannya kantor baru ini maka kantor Kedeputian Wilayah Sumsel  Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehatan yag ada di Jalan R Soekamto berpindah ke Jalan Kol H Burlian. Kehadiran lokasi baru ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan peserta JKN -KIS saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan guna melakukan urusan administratif.

"Dengan berpindahnya kantor Kedeputian  Wilayah Sumsel Babel Bengkulu diharapkan dapat meningkatkan kinerja  demi mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan juga dapat meningkatkan kepuasan peserta di Kantor Cabang Palembang," jelas Fachmi.

Kedeputian Wilayah Sumsel, Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehata  membawahi tiga Provinsi yakni Sumsel, Kepulauan Babel dan Provinsi Bengkulu.

Cakupan peserta BPJS Kesehatan di wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu sampai dengan 1 Januari 2019 dijelaskannya sudah sebanyak 74,32% dari jumlah penduduk wilayah Provinsi Sumsel, Babel dan Bengkulu sebanyak 8.573.106 jiwa dari total penduduk 11.535.940 jiwa, sedangkan khusus utk wikayah Sumsel sebanyak 72% atau sebanyak 5.911.195 jiwa dari total penduduk 8.181.312 jiwa.

Sementara Kepala Kedeputian BPJS Kesehatan Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu, Erna Kusuma Wijaya mengatakan penambahan kantor baru ini menggunakan aset yang ada. Kantor itu menurutnya dibangun di atas lahan seluas 1030 meter persegi.

"Dengan adanya kantor baru ini kami berharap layanan yang bisa kami berikan lebih prima dan kami juga memiliki ribuan layanan fasilitas kesehatan" ujarnya.

Mereka juga lanjut Erna menyadari masih banyak kekurangan, untuk itu ia meminta agar selalu diingatkan.

"Sehingga kami dapat mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi," tandasnya.

Selain melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya gedung kantor BPJS Kesehatan,  dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel Herman Deru dan Direktur BPJS fachmi Idris memberikan penghargaan kepada 2 kabupaten di Sumsel yang sudah mencapai UHC masing-masing yakni Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat.                     

Hadir dalam Kegiatan Peresmian gedung baru BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu tersebut seperti Anggota DPR RI, lnstansi Vertikal Provinsi Sumsel, Pejabat Tinggi Pemerintahan di Provinsi Sumsel, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, beberapa Fasilitas Kesehatan dan Badan Usaha di Wilayah Sumsel.(A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.