Tumpukan Sampah Dibadan Jalan,Ganggu Pengendara


Pagaralam,Liputansumsel.com -- Keberadaan sampah kian menumpuk di badan jalan hingga berhari-hari, lantaran belum juga dilakukan pembersihan oleh petugas kebersihan tentunya sangat menggangu para pengendara yang melintas. Kondisi ini tepatnya di Jalan Jati Alam Perumnas Talang Sawah Kelurahan Bangun Rejo Kecamatan Pagaralam Utara, Senin (18/2/2019). 

Menurut Eko, warga setempat mengatakan, volume sampah kian menumpuk hingga ke badan jalan. Sejauh ini petugas kebersihan belum juga melakukan pembersihan terhadap  kondisi yang ada, sedangkan tumpukan sampah sempat berhamburan hingga kebadan jalan dan mengagngu mobilitas warga yang hendak melintas di jalur tersebut.

“Tumpukan sampah kian mengotori badan jalan dan berbauh, tetapi petugas dari Dinas Lingkungan Hidup setempat tanpaknya belum juga ada upaya pembersihan,” keluhnya seraya mengatakan bila tumpukam sampah sudah mencapai dua hari belum juga dibersikan dapat dipastikan akan semakin buruk lagi kondisi jalan tersebut.

Serupa dikatakan Endang, sampah plastik dan kertas menumpuk di badan jalan hingga membuat kondisi jalan yang ada terkesan jorok. Padahal jalan ini merupakan akses padat arus kendaraan, tentunya akan semakin kotor dan berbauh hingga mengganggu kenyamanan pengendara yang melintas. “Selain kotor dan berbauh, tumpukan sampah sangat menggangu kenyamanan pengendara,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kota Pagaralam, Joni melalui Kabid Pengelolaan Persampahan, Deska Prabu mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait adanya tumpukan sampah di badan jalan yang belum juga dilakukan pembersihan oleh petugas yang ada.

“Memang selama dua hari ini petugas tidak melakukan pembersihan lantaran armada truk pengangkut sampah mengalami kerusakan hingga terjadi penumpukan sampah,” terangnya seraya menambahkan  petugas akan segera menggangkut tumpukan sampah di badan jalan dikawasan tersebut.

Meski begitu sambungnya, dihimbau agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediahkan. Sementara sejauh ini  memang ada pula warga setempat dengan seenaknya membuang sampah tidak pada tempatnya atau diluar bak penampungan yang telah disediahkan.

“Kewajiban petugas tentunya harus dilaksanakan dengan baik sebagai penjaga kebersihan yang telah ditunjuk pemerintah, tetapi harus didukung oleh masyarakat luas guna mewujudakan semua itu,” paparnya seraya meminta pengertian warga agar dapat membuang sampah antara pukul 06.00 - 07.00 WIB setiap pagi, tentunya agar petugas dapat langsung mengangkutnya. (Rico)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.