301 Siswa Jenjang SMA/SMK Ikuti Kompetisi Student Online Competation



Palembang, Liputan Sumsel.Com - Kompetisi Student Online Competation Jenjang SMA/SMK tingkat kota Palembang, digelar di Gedung Aula SMA Negeri Pus 17 Palembang, Selasa (12/3/2019). Kompetisi tersebut diikuti 301 siswa dari  31 SMA dan SMK di Kota Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumsel, Widodo, M.Pd mengatakan, bahwa kompetisi ini sebelumnya pernah saya sampaikan pada tahun 2012, yakni untuk melaksanakan ujian secara online.

"Saya minta supaya kompetisi ini dapat membenih dan menyemai bukan untuk memetik hasilnya saat seperti ini. Prosesnya harus digital yang belajar secara online, yakni latihan dan materi yang memakai sistem online perlu untuk disiapkan," ujarnya.

Widodo menuturkan, gurunya pun harus disiapkan, sekarang, sudah ada praktek seperti ini namun gurunya kebanyakan belum siap atau tidak cocok. Bahkan, kedepan harus ada upaya bagaikan edukasi guru agar familiar menggunakan online. Diantaranya dengan mengadakan pelatihan seperti aplikasi agar dapat digunakan.

"Program ini baru dilaksanakan di Palembang. Nantinya, diharapkan bisa sampai ke Sumsel," ucapnya.

"Kalau sudah terjadi di Sumsel seperti ini, kemungkinan anak-anak akan demam online. Karena sudah terbiasa, namun hanya belum terformalisasi sejauh ini.Mari dukung anak-anak dengan memanfaatkan waktu yang ada,  menggali hal-hal positif yang dipergunakan untuk mereka atau belajar mencari pengetahuan yang banyak," ungkapnya.

Sementara CEO sekaligus Pendiri SOC, Danu Saputra mengatakan, kompetisi SOC ini diikuti oleh pelajar yang sebelumnya mengikuti seleksi yang diadakan oleh pihaknya.

"Sebelum ikut ke tahap ini, anak-anak ikut seleksi di sekolah dulu dan kami yang menyeleksinya. Setelah seleksi baru lah dikumpulkan di aula ini dan bertanding dengan anak-anak SMA/SMK seKota Palembang. Jadi 301 pelajar yang bertanding dari 31 SMA/SMK SeKota Palembang,"ungkapnya.

Danu juga menjelaskan untuk pemenang di Students Online Competition (SOC) ini akan diikutkan ke tingkat provinsi dan pemenang dari tingkat provinsi akan bersaing di tingkat nasional di Bali.

"Jadi gak hanya di Palembang saja namun di Prabumulih, Muara Enim, Lahat juga ada SOC ini," katanya.

Mengenai  cara bertanding dalam pegelaran Students Online Competition (SOC) antar pelajar SMA/SMK seKota Palembang ini, Danu menjelaskan 301 pelajar SMA/SMK ini mengerjakan 55 butir soal yang terdiri dari mata pelajaran, Bahasa Indonesia sebanyak 20 butir soal yang dikerjakan dengan waktu 40 menit.

Matematika sebanyak 15 butir soal dengan waktu pengerjaan selama 45 menit dan Bahasa Inggris sebanyak 20 butir soal dengan waktu pengerjaan 40 menit . "55 soal yang diujikan ini adalah soal High Order Thinking Skills (HOTS) atau soal dengan kemampuan analisa tinggi," jelasnya.

"Soal akan disajikan secara random (acak) dan dipastikan murid gak akan terima urutan soal yang sama. Waktu ujian menggunakan hitungan mundur jadi murid tidak akan bisa ujian kembali bila waktu telah habis," katanya.

"Peserta yang ikut SOC juga harus punya smartphone baik itu berbasis android atau pun iOS (iPhone) dan bukan laptop. Setelah siap semuanya mereka harus mendownload aplikasi di Playstore atau appstore dengan nama: SOC-Students Online Competition. Dan setelah berhasil mendownload langsung ikuti petunjuk yang ada di aplikasi," pungkasnya.(Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.