Forkompimda Muba Gelar Apel Pasukan Pengamanan Pemilu Serentak 2019



MUBA-liputansumsel, Dalam Rangka mengamankan Pemilu 2019 di Musi Banyuasin agar dapat berlangsung aman, damai dan sukses menuju Muba Zero Konflik, Polres Muba bersama  Kodim 0401 Muba menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden bertempat di Halaman Pendopoan Bupati Musi Banyuasin, Jum'at (22/03/2019).

Apel yang diikuti personel dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinsos, TRC, Dinkes, Pramuka, Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda Pancasila ini dipimpin langsung  Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM bersama Dandim 0401 Muba Letkol Arm M Saufudin Khoiruzzamani serta dihadiri Bupati Muba Dodi Reza Alex diwakili Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, FKPD, KPU, Bawaslu dan Pimpinan Partai Politik.

Pada arahannya, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM mengatakan TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung dalam rangka pengamanan jalannya Pemilu serentak 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan yang tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur dan aturan hukum yang berlaku sehingga tidak ada toleransi sedikitpun bagi pihak yang mengganggu keamanan pesta demokrasi Indonesia khususnya di Di Musi Banyuasin ini.

"Dalam melaksanakan pengamanan Pemilu serentak 2019 ini diminta agar seluruh Prajurit TNI-Polri untuk mempedomani seluruh prosedur yang berlaku sehingga tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum", instruksinya.

Lanjutnya, sukses tidaknya perhelatan demokrasi ini tergantung kepada kita semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung. KPU, Bawaslu, Polri-TNI,  Anggota Partai Politik maupun masyarakat  dituntut untuk patuh dan taat pada ketentuan yang berlaku.

"Pemilu serentak 2019 kali ini menjadi warisan kebanggaan sekaligus soroton dunia Internasional, apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik, domokratis dan berintegritas dalam rangka memilih Pemimpin Nasional",ujarnya.

Dandim 0401 Muba Letkol Arm M Saufudin Khoiruzzamani menambahkan Apel gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pihak-pihak yang terlibat baik perorangan maupun satuan serta alat perlengkapan yang digunakan, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dapat diberikan dengan cepat sesuai kebutuhan.

"Pemilu Serentak 2019 merupakan momentum penting untuk menentukan nasib bangsa ini pada 5 tahun kedepan, melalui apel pasukan ini saya berharap akan terwujud keberhasilan pelaksanaan tugas membatu Polri dalam pengamanan di wilayah Musi Banyuasin",katanya.

Jelasnya, TNI memiliki komitmen yang kuat untuk membatu tugas Polri dalam pengamanan menghadapi kampanye terbuka dan tetap memegang teguh Netralitas TNI.

"TNI telah menyiapkan satuan untuk dilibatkan membatu Polri dalam pengamanan Pemilu, baik dalam hal monitoring, maupun Pengaman terpadu yang dilaksanakan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Musi Banyuasin dan Instansi terkait", ujarnya.


Sementara, Bupati Musi Banyusin Dodi Reza Alex Noerdin Melalui Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi menyampaikan arahan yang intinya bahwa Apel Gelar Pasukan Bersama ini merupakan wujud kebersamaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Musi Banyausin Masa pemilu serentak tahun 2019 ini menjadi momen yang rawan gesekan jika tidak diantisipasi untuk itu kita antisipasi bersama mari kita wujudkan. Zero konflik di Daerah yang Kita Banggakan ini bersama sama TNI POLRI, Penyelenggara Pemilu, Pengawas Pemilu diharapkan dapat bekerja secara profesional sesuai dengan Tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan Peraturan dan mekanisme Penyelengaran Pemilu dan Kami mengharapkan peran Serta tokoh agama tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tentunya Masyarakat Muba Mari kita sukseskan penyelenggaran Pemilu Serentak Di Musi Banyusian dan mari kita gunakan hak pilih kita pada tanggal 17 april 2019 ditempat Pemungutan Suara tempat kita terdaftar ajaknya

Lebih lanjutnya, Kami bersama Pak Bupati Dodi Reza Alex  juga telah mengimbau kepada jajaran PNS atau ASN Pemkab Musi Banyuasin  agar menjadi contoh yang baik dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 yang diselenggarakan pada 17 april 2019 dan ikut berperan aktif mensosialisasikan bersama sama kepada masyarakat di tempat tinggal masing masing  untuk membantu pemerintah dalam rangka sosialisasi untuk dapat mengajak masyarakat tidak golput dan menggunakan hak pilih nya pada pemilu serentak tahun ini, serta ASN Muba wajib netral dan tidak berpihak dan Asn juga wajib menggunakan hak pilih sesuai pilihan masing masing dan ASN wajib menjadi tauladan untuk menjaga zero konflik di Muba mengingat Suksesnya Penyelenggaran Pemilu Di Bumi Serasan Sekate menjadi tanggung jawab kita bersama.(agung/rill).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.