Tiga Menteri Hadiri Peletakan Batu Pertama PLTU Sumsel Di PT Bukit Asam


Muara Enim --Liputansumsel.com- Para menteri menghadiri acara pencanangan hilirisasi batubara yaitu gasifikasi batubara menjadi urea,dimethyl ether (dme) dan polypropylene milik PT Bukit Asam di Tanjung Enim, Kab.Muara Enim Prov.Sumsel (03/03/2019).

Para menteri itu adalah menteri BUMN Rini Soemarno,Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Gasifikasi batubara adalah mengubah batubara menjadi produk akhir yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Caranya dengan menggunakan teknologi gasifikasi yang memungkinkan mengkonversi batubara menjadi syngas yakni bahan baku untuk proses lebih lanjut menjadi dimethyl ether sebagai bahan bakar,urea sebagai pupuk dan polypropylene sebagai bahan baku plastik.

Direktur utama PTBA Arviyan arifin menjelaskan bahwa produksi gasifikasi batubara setelah menjadi syngas dapat memenuhi kebutuhan pasar sebesar 500.000 ton,450.000 ton polypropylene pertahun dan dimethyl ether 400.000 ton pertahun. Dengan target pemenuhan kebutuhan sebesar itu di perkirakan kebutuhan batubara sebagai bahan bakunya sebesar 9 juta ton per tahun.

Selanjutnya dari total batubara itu sudah termasuk untuk kebutuhan pendukung batubara bagi Pembangkit Listriknya,"imbuhnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.