Dinas KUKM Menggelar Pelatihan Akuntansi Bagi Pengelola Koperasi/KUD Tahun 2019 Muara



Muara Enim,Liputansumsel.com--Untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat laporan keuangan yang akurat dan akuntabel. Sejumlah 18 orang pengurus Koperasi di Kabupaten Muara Enim diberikan pelatihan standar akuntansi Indonesia.

“Kita berharap melalui pelatihan ini, para pengelola koperasi dapat membuat laporan keuangan yang benar transparan dan akuntabel,” tutur Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim, Surdin saat membuka kegiatan, bertempat di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (22/4/19).

Selanjutnya Surdin menambahkan, Koperasi harus memiliki sisi manajemen keuangan yang handal dan akuntabel, tata kelola yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong menuntut peran dan partisipasi aktif dari seluruh anggota.

Dimana sistem manajemen koperasi khususnya yang berkaitan dengan keuangan saat ini belum tercermin sepenuhnya.

Melalui pelatihan akuntansi koperasi ini, diharapkan menjadi salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia, guna menambah wawasan dalam pengelolaan administrasi keuangan koperasi sesuai dengan pedoman akuntansi koperasi dalam rangka pengembangan kegiatan usaha wajib menerapkan akuntansi berdasarkan standar akuntansi Indonesia. Sehingga aliran dana dalam koperasi dapat lebih transparan dan akuntabel.

Sasaran dari kegiatan akuntasi keuangan, tambah Surdin, agar peserta pengurus koperasi yang ada di Muara Enim mampu membuat laporan keuangan menjadi lebih baik dan profesional.

“Selain memberikan pelatihan, pihaknya juga memberikan satu unit komputer lengkap dengan printernya kepada pengurus/koperasi yang mengikuti pelatihan ini,” tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.