Wagub Mawardi Dorong Pemasaran Produk UMKM Melalui Online

PALEMBANG - liputansumsel.com--Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menegaskan saat ini Pemprov Sumsel masih berupaya mendongkrak kembali pertumbuhan UMKM yang sempat menurun akibat pandemi covid-19.


Hal itu diutarakan Mawardi ketika menerima kunjungan kerja Direktur Berkat Digital Indonesia Endang Wasiati Wierono guna membahas solusi untuk membantu sektor UMKM ke arah digital secara mudah di ruang tamu Wakil Gubernur, Selasa (18/8).


Mawardi mengatakan, UMKM memang merupakan salah satu sektor yang cukup terdampak covid-19. Sebab itu, dibutuhkan peran berbagai pihak agar sektor UMKM kembali bangkit.


"Tentu berbagai langkah melalui dinas terkait masih kita lakukan agar UMKM ini berkembang sehingga kembali berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Mawardi.


Sektor UMKM memang dinilai sebagai penyanggah lajunya perekonomian termasuk di masa pandemi saat ini.


"Keberlangsungan UMKM ini memang harus terus dijaga karena memang memiliki pengaruh sangat besar terhadap perekonomian," tuturnya.


Disisi lain, pada pertemuan tersebut PT Berkat Digital Indonesia diketahui memiliki komitmen untuk mendukung Pemprov Sumsel dalam mendorong perkembangan UMKM dengan cara mewadahi pelaku UMKM agar bisa melakukan kegiatan usahanya melalui digital atau online.


Komitmen tersebut juga disambut baik oleh Mawardi. Hanya saja, lanjutnya, hal itu masih harus dilakukan kajian dan persiapan yang matang sehingga pelaksanaannya bisa berdampak baik bagi pelaku UMKM tersebut.


"Yang pasti kita sangat menyambut baik. Mungkin itu bisa dimasukkan dalam program Dinas Koperasi dan UKM. Namun kita juga harus menseleksi UMKM mana yang diberikan website untuk usahanya sehingga pelaksanaannya berjalan baik. Yang jelas UMKM tersebut harus serius," tegasnya.


Sementara itu, Direktur PT Berkat Digital Indonesia Endang Wasiati Wierono mengungkapkan, komitmen pihaknya untuk ikut berpartisipasi dalam mendorong perkembangan UMKM tersebut didasari lantaran melihat banyaknya UMKM yang terpaksa gulung tikar akibat pandemi covid-19.


"Saat ini kami melihat banyak UMKM yang terdampak baik secara penjualan maupun pengembangan. Kami sebagai bagian dari stakeholder tentu merasa terpanggil," kata Endang.


Menurut wanita yang akrab disapa Een tersebut, pihak siap menyediakan website untuk setiap UMKM agar bisa melakukan pemasaran secara online.


"Sebelum pandemi ini, UMKM merupakan penyumbang devisa terbesar. Sebab itu, kami menginginkan UMKM bangkit lagi. Kami siap menyediakan website serta memberikan edukasi kepada pelaku UMKM tersebut dari yang paling mudah hingga level yang paling tinggi sehingga UMKM ini bisa melakukan pemasaran online," tuturnya.


Tidak hanya itu, dia juga mengapresiasi langkah Gubernur Sumsel H Herman Deru yang tak segan turun langsung mempromosikan produk para UMKM di Sumsel secara gratis dengan harapan UMKM dapat kembali berkembang.


"Langkah Gubernur untuk mengendorse produk UMKM sudah sangat tepat. Dan kami apresiasi atas inisiasi tersebut. Sudah saatnya kita bergerak bersama agar UMKM ini kembali tumbuh khususnya melalui pemasaran melalui online. Saat ini UMKM trafficnya sudah melalui online," teranganya.


"Sistem online ini tentu tidak ada batasan seperti offline. Sistem online ini bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja selama 24 jam," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.