Dewan Setujui 5 Usulan Raperda Tahun 2020

 Satu Raperda Tentang PDAM OKU Masih Terganjal


BATURAJA-liputansumsel—Setelah melalui pembahasan yang sangat alot terkait enam (6)   usulan rancangan peraturan daerah (raperda) yang disampaikan Pemkab OKU kepada DPRD OKU akhirnya  DPRD OKU setujui 5 usulan Raperda tahun 2020. Satu (1) Raperda lainnya masih terganjal. 

Hal ini terungkap dalam rapat Paripurna I DPRD Kabupaten OKU Masa Persidangan ke-I Tahun Sidang 2020 Dalam Rangka Pengesahan Raperda Kabupaten OKU Tahun 2020, diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Jumat (11/09/2020).

Rapat Paripurna tersebut langsung dipimpin Ketua DPRD Ir. H. Marjito Bachri, terkait pembahasan  penyampaian laporan hasil rapat Pansus DPRD membahas dan meneliti 6 Raperda Kabupaten OKU tahap satu tahun 2020.

Dalam paripurna tersebut, Pansus I  dengan juru bicara Yopi Sahrudin, S.Sos. membahas Raperda tentang perubahan bentuk badan hukum perusahaan daerah pasar Kabupaten OKU menjadi Perusahaan umum daerah pasar Kabupaten OKU.

Raperda tentang pembentukan desa Kemilau Baru kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Sementara  Pansus II yang disampaikan  juru bicara Naproni, S.T., M.Kom. membahas Raperda tentang perubahan bentuk badan hukum perusahaan daerah air minun Kabupaten OKU menjadi Perusahaan umum daerah air minun Tirta Raja, belum disetujui akan dibahas pada Raperda tahap kedua.

Selain itu juga pembahasan Raperda tentang perubahan bentuk badan hukum perusahaan daerah Baturaja Multi Gemilang menjadi Perusahaan umum daerah Baturaja Multi Gemilang.

Dilanjutkan penyampaian Pansus III dengan juru bicara Asmunandar membahas Raperda tentang perubahan bentuk badan hukum PT. BPR Baturaja Kabupaten OKU menjadi PT. BPR Baturaja. Pembahasan Raperda tentang penyelenggaraan olahraga.

Agenda selanjutnya hasil Raperda tahap satu ini ditandatangani oleh Ketua DPRD, disaksikan oleh Bupati dan unsur Forkopimda.

Sementara itu, Bupati OKU Drs. H.  Kuryana Azis mengucapkan terima kasih kepada Pansus dan anggota DPRD yang telah menyampaikan 6 Raperda Kabupaten OKU tahap satu tahun 2020.

Mengenai satu Raperda tentang perubahan bentuk badan hukum perusahaan daerah air minum Kabupaten OKU menjadi perusahaan umum daerah air minum Tirta Raja akan dibahas pada Raperda tahap kedua oleh DPRD Kabupaten OKU.

Terhadap lima Raperda yang telah disetujui, maka Pemerintah Daerah akan melakukan penyempurnaan dan penyesuaian Raperda dimaksud dengan mempedomani keputusan DPRD.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan sesuai dengan Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, akan disampaikan kepada Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk dilakukan klarifikasi dan untuk mendapatkan nomor register Peraturan Daerah.

Untuk satu Raperda yang akan dibahas lebih lanjut pada Raperda kedua, Pemerintah Daerah berharap Raperda tersebut akan dapat disetujui untuk dapat ditetapkan menjadi Perda.

Hadir pada acara ini Forkopimda, Anggota DPRD OKU, Sekwan, Asisten,  Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat, BUMN/BUMD, dan Undangan lainnya. (Bam)

No comments

Powered by Blogger.