Pemkab Muara Enim Serahkan Bantuan Kebutuhan Pokok Kepada Warga Terpapar Covid-19


Muara Enim, Liputansumsel.com--Sebelumnya pada awal Bulan September yang lalu telah disalurkan bantuan paket sembako bagi 7.780 Kepala Keluarga (KK) kepada warga kurang mampu di 10 Kelurahan, Senin (12/10/2020) bertempat di Kantor Lurah Pasar I, Kecamatan Muara Enim, Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, S.H dan Kepala Dinas Sosial Drs. Bhakti, M.Si kembali menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako khususnya bagi 421 orang warga terdata yang terpapar positif Covid-19 dan keluarga yang dalam isolasi mandiri di Kabupaten Muara Enim.


Bantuan yang berasal dari Alokasi Belanja Tak Terduga (ABTT) APBD Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 ini, diterima secara simbolis yang diwakilkan oleh para ketua RT/RW di lingkungan Kelurahan/Kecamatan Muara Enim.


Dalam sambutannya Plt. Bupati menyampaikan, bahwa bantuan sembako ini bertujuan untuk meringankan beban warga yang terpapar dan harus menjalani masa karantina atau isolasi mandiri sehingga membuat ruang gerak produktivitas pemenuhan kebutuhan menjadi terbatas.


Untuk itu melalui Keputusan Bupati Muara Enim Nomor 667/KPTS/Dinsos/2020, Pemkab. Muara Enim mengalokasikan bantuan berupa kebutuhan pokok yang terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak sayur, 1 kg gula, 1 kg tepung terigu dan 520 mililiter kecap manis ditambah juga dengan paket Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dari Dinas Kesehatan," imbuhnya.


Menurut, Plt. Bupati bantuan ini sebagai wujud kepedulian dan gotong royong semua pihak, antara pemerintah dan masyarakat.


Lebih lanjut Plt. Bupati menegaskan, bahwa dalam menghadapi pandemi ini, Pemkab. Muara Enim telah mengupayakan berbagai penanganan, baik pencegahan, penelusuran orang yang kontak erat, peningkatan kesembuhan, penurunan tingkat penularan dan menekan angka kematian.


" Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah mengalokasikan anggaran melalui APBD Tahun 2020 untuk pembiayaan penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan jaringan pengaman sosial masyarakat," ungkapnya.


Plt. Bupati bersyukur pada saat ini di Kabupaten Muara Enim sudah keluar dari zona merah dan trend terpapar sudah melandai," tuturnya.


Kemudian, " Saya yakin dengan kerja sama semua pihak, terutama kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, maka dalam waktu dekat Kabupaten Muara Enim akan turun ke zona hijau," ujarnya.


Penyerahan bantuan sembako ini juga disaksikan langsung oleh Plt. Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki, B.Sc., Dandim 0404 Muara Enim, Kapolres Muara Enim, Amrullah, S.E Plh. Sekda Muara Enim, Kadin BPBD Muara Enim dan M. Chandra, S.H Anggota DPRD Muara Enim Fraksi PKB.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.