Header Ads


 





HD Optimis Sumsel Tetap Pegang Predikat Provinsi Paling Berhasil Dalam Program Sensus Penduduk

Terima Laporan BPS Hasil Sensus Penduduk Tahun 2020


PALEMBANG, liputansumsel.com,– Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H. Herman Deru mengharapan Sensus Penduduk di Provinsi Sumsel Tahun 2020 yang sudah berakhir  pada  tanggal 21 Januari 2021. Dan Kembali menempatkan  Sumsel sebagai provinsi yang paling berhasil sebagaimana pada saat sensus penduduk online beberapa waktu lalu.


 


"Pada Sensus Penduduk Online, Sumsel menjadi provinsi nomor dua yang paling berhasil di Indonesia. Prestasi tersebut harus kita pertahankan lagi," tegas Gubernur HD  usai menerima Kepala BPS Provinsi Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih dalam rangka melaporkan hasil Sensus Penduduk Tahun 2020 di Sumsel bertempat di ruang rapat Gubernur Sumsel, Jumat (5/2) siang.


 


HD menilai suksesnya Sumsel pada Sensus Online beberapa waktu lalu juga tidak lepas dari antusiasnya masyarakat sebagai peserta sensus penduduk. Ditambah lagi kecerdasan masyarakat menggunakan Gadget bersamaan dengan sebaran signal dipelosok Sumsel sehingga masyarakat dapat  dengan mudah ikut serta dalam sensus online.


 


Menurut HD,  Data Kependudukan yang didapat oleh BPS  akan mempermudah  pemerintah dalam menyusun program  sehingga pembangunan akan  lebih merata sesuai dengan sebaran penduduk.


 


"Sensus penduduk ini penting untuk kita dapat membuat program dalam pemerataan pembangunan. Mudah-mudahan apa yang diingingkan masyarakat tentang porsi pembangunan bisa merata keseluruh pelosok Sumsel," tutup HD.


 


Sementara itu, Kepala BPS Provinsi Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih mengatakan, bahwa hasil sensus penduduk 2020 di Provinsi Sumsel tercatat sebesar 8.467.432. Dengan rasio jenis kelamin 104 lebih banyak laki-laki. Artinya, terdapat 104 laki-laki per 100 perempuan di Sumsel pada  Tahun 2020. 


 


Selain itu, dalam pertumbuhan penduduk di Sumsel rata-rata 1,25 persen. Angka ini menurutnya menurun dibanding dengan sensus penduduk yang terdahulu yang  rata-rata laju pertumbuhan penduduknya sebesar 1,85 persen.  Di samping itu penduduk Sumsel saat ini didominasi generasi milineal sekitar 51 persen dan usia lanjut 8,82 persen. 


 


"Kita patut bersyukur karena di Sumsel mempunyai usia produktif yang cukup tinggi yakni 70 persen. Ini merupakan bonus demografi yang baik. Dengan pengelolaan yang baik dari sisi pendidikan, kesehatan  akan terkait erat  dengan kualitas SDM untuk  mendorong pertumbuhan ekonomi Sumsel,” pungkasnya.(Ar/Rill)

No comments

Powered by Blogger.