Rusaknya Ruas Jalan OKI, Komisi III : Lemah Pengawasan Dinas PUPR dan Kualitas Mutu Jalan Kurang Baik


OKI, LiputanSumSel.Com - Hampir seluruh Ruas Jalan yang ada di Kabupaten OKI yang berjuluk Bende Seguguk mengalami kerusakan parah, hal ini menyebabkan terhambatnya segala Aktifitas masyarakat terutama dalam meningkatkan  Pembangunan di kabupaten OKI.


Beberapa keterangan yang didapat dari salah seorang warga sekitar Andi (40) yang ditemui Jumat  mengatakan" saya sebagai warga OKI yang sekarang tinggal di  Selapan sangat Kesulitan dalam melakukan aktifitas saya sebagai Pedagang"Terangnya.



Selanjutnya Manaf (50) yang merupakan warga Pangkalan Lampam mengatakan" saya selaku warga OKI merasa sangat Kesulitan dengan keadaan Jalan Kabupaten  yang sudah alami kerusakan dan menghambat segala kegiatan masyarakat"Ungkap nya.


Lanjut Manaf"yang lebih parahnya lagi beberapa titik jalan Kabupaten yang belum lama dibangun dengan pengerasan sudah alami kerusakan parah yakni dari Sp Padang hingga Selapan dan ini sangat tidak masuk akal" Ujar Pria Asli OKI.


Berdasarkan hasil penelusuran beberapa Awak Media, bisa dikatakan Kabupaten OKI hampir setiap Ruas Jalan Kabupaten Alami kerusakan, dan kerusakan jalan Kabupaten yang terjadi dibeberapa titik yang sangat mengganggu aktifitas masyarakat seperti Ruas jalan penghubung SP Padang - Pampangan, Ruas jalan Pampangan - Palangkalan Lampam, Ruas Jalan Pangkalan Lampan dan selapan, Ruas Jalan Pulau Layang - Pampangan, Talang Aur - Jejawi, Ruas Jalan Kayuagung -  Pedamaran Timur.


Menganggapi Banyaknya keluhan masyarakat OKI, beberapa Tim DPD SWI mencoba Konfirmasi secara tertulis ke Dinas PU PR Rabu 28/07/21 namun sangat di sayangkan tidak ada respon sampai Sekarang, dan Kepala Dinas pun terkesan sangat sulit untuk ditemui walaupun hanya untuk memberikan klarifikasi terkait banyaknya Kerusakan jalan Kabupaten. 


selain itu tanggapan DPRD OKI  terkait permasalahan diatas melalui Komisi III selaku Mitra kerja Dinas PUPR OKI. Menanggapi Terkait banyaknya ruas jalan yang rusak, H.Agustam SE, M.Si mewakili Komisi III Ketika di wawancarai  di Ruang Komisi Selasa (03/08/21) mengatakan" sudah banyak laporan ke kita baik itu dari masyarakat maupun melalui media sosial.


Terjadinya kerusakan jalan kabupaten ini sudah menjadi rahasia umum kita komisi III sudah sampaikan ke Dinas PUPR OKI terkait keluhan terhadap banyaknya jalan rusak dan kami berpendapat ini terjadi karena lemah pengawasan dari Dinas PUPR Dan Kualitas mutu jalan kurang Baik, untuk itu kami akan tingkatkan lagi pengawasan pembangunan terutama pembangunan jalan, dan kami akan berkordinasi dengan PUPR, DPRD Komisi lll akan komitmen akan  profesional dan maksimal dalam pengawasan infrastruktur demi pembangunan OKI yang sejahtera.


Sarmedi Udan selaku ketua LSM Forum Masyarakat Sumsel Bersatu (FMSB) pun angkat bicara terkait kerusakan jalan tersebut"Kami minta pemerintah daerah memperbaiki proses perencanaan terlebih sebuah infrastruktur. Kami juga minta agar Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI untuk memeriksa lagi aturan-aturan pengadaan proyek di kabupaten OKI agar proyek berjalan maksimal tidak terbuang sia-sia dan  di duga menyebabkan uang negara lenyap," pungkasnya.(Pov)

No comments

Powered by Blogger.