SMANTI Prabumulih Resmikan Perpustakaan Ala Cafe


PRABUMULIH,liputansimsel.com - Upaya mendekatkan bacaan dan literatur kepada anak didiknya, SMA Negeri 3 atau SMANTI Kota Prabumulih terus berinovasi. Salah satu sekolah pencetak prestasi dibidang literasi itu, kini miliki perpustakaan ala cafe.


Bedanya, mengadopsi gaya hidup milenial yang ditujukan untuk selalu meningkatkan minat baca pada siswa-siswinya. Hal ini membuktikan pendidikan tetap hal utama meski di tengah pandemi Covid-19.


Iya, namanya Cafe Literasi sekaligus Kantin Cerdas yang baru saja diresmikan pada pergelaran Pesta SMANTI 2022 siang tadi, Senin (14/3/2022) pukul 10.00 WIB.


"Kami mengkolaborasikan pojok literasi ini berada di kantin dan bukan hanya berada di tempat tertentu saja," kata Kepala SMA Negeri 3 Prabumulih, Freni Listiyan SPd MSi dibincangi awak media, Senin (14/3/2022).


Minat membaca tidak dapat muncul dengan sendirinya. Untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap buku, dikatakan Freni, pihaknya selalu membudayakan kepada siswa-siswi untuk membedah buku di Cafe Literasi sekaligus Kantin Cerdas ini.


"Jadi setiap anak punya target melaporkan kepada pembinanya hasil dari bedah bukunya," terangnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs Reza Fahlevi MM juga mengaku, bangga dengan SMANTI Prabumulih yang dinahkodai Freni Listiyan SPd MSi. 


Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa pandemi bukan penghalang untuk mencetak prestasi dan mengutamakan pendidikan. 


"Jadi, kami sangat mengapresiasi, keluarga besar SMAN 3 Prabumulih sudah menjalankan apa yang sudah dilakukan pembinaan. Ini istilahnya bangkit. Dulu memang sudah baik dan sekarang lebih baik lagi," ungkap Reza.


Apalagi, sambung dia, melihat ada salah satu alumni SMANTI Prabumulih yang masih peduli dengan mensupport dana pembangunan Gapura Tanjak sekolah tersebut.


"Kita lihat sendiri ada alumni yang peduli, ini salah satu contoh. Karena yang namanya pendidikan adalah investasi yang sangat terpenting dan hasilnya akan dapat dilihat 15 tahun kedepan," tandasnya. (Dn/rls)

No comments

Powered by Blogger.