BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Menggelar Forum Komunikasi Serta Monitong dan Evaluasi Fasilitas Kesehatan

 


Prabumulih,liputansumsel.com- Pemerintah Pusat hingga Daerah menjadi komponen penting dalam menyukseskan pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Mereka memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas layanan serta mendorong cakupan kepersertaan demi menjamin masyarakat keseluruhan. Demi menjaga ikatan tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih menggelar Forum Komunikasi serta Monitor dan Evaluasi Fasilitas Kesehatan Kota Prabumulih, Selasa (26/04).

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Prabumulih, Elman, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan pertemuan yang sangat penting untuk dilaksanakan karena berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan di Kota Prabumulih.

Pada prinsipnya Pemerintah Kota Prabumulih mendukung dalam hal peningkatan mutu pelayanan. Pemerintah bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun di samping itu ada instansi atau Lembaga lain yang juga mendorong agar pelaksanaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tersebut menjadi semakin baik. Dukungan dari BPJS Kesehatan, Pihak Petugas Kesehatan baik dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ataupun dari Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut, Instansi lainnya yang terkait. Kita perlu melihat dan mencari solusi apabila terdapat kendala-kendala di masyarakat. Melalui Forum ini diharapkan dapat menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada di Kota Prabumulih terutama dalam hal Pelayanan Kesehatan Program JKN KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan,” jelas Elman.

Elman juga mengapreasi adanya pertemuan kali ini. Tujuan forum ini memang sebagai wadah komunikasi terkait pelaksanaan program JKN-KIS. Komunikasi tersebut tak lain membahas kerja sama strategis serta diskusi seputar permasalahan yang ada dan segera mungkin menemukan solusinya. Dengan adanya ikatan komunikasi tentu mudah dalam menyamakan persepsi.

Banyak info yang kami pelajari dari acara hari ini. Intinya pemerintah mendukung penuh apa saja yang terkait dengan BPJS Kesehatan. Tinggal bagaimana kita sama-sama mengelola agar pelaksanaan di lapangan bisa terus berjalan. Yang baik kita tingkatkan, yang kurang kita perbaiki,” pungkas Elman.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yunita Ibnu menyampaikan bahwa saat ini Penduduk Kota sudah terdaftar menjadi peserta JKN KIS sebanyak 97,10% atau 192.845 jiwa dari 198.605 jiwa.

“Ada selisih 5.760 jiwa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN. Pertemuan ini selain upaya koordinasi dalam bidang perluasan peserta juga terkait pelayanan kesehatan, dimana memasuki libur Lebaran dari tanggal 29 April sampai dengan 8 Mei 2022, peserta JKN dapat mengakses pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama baik di tempat terdaftar ataupun tidak terdaftar jika faskes terdaftar tutup atau peserta mudik pada masa libur lebaran. Untuk informasi lanjut dapat mengakses call center BPJS Kesehatan 165” Jelas Yunita.

No comments

Powered by Blogger.