Pj Bupati Ajak Cintai dan Pelajari Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup di Pembukaan MTQ Ke-38


Muara Enim, Liputansumsel.com--Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 resmi dibuka oleh Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi yang berlangsung di Desa Dangku Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kamis (27/10/2022). Melalui ajang yang digelar mulai tanggal 26-30 Oktober tersebut, Pj Bupati mengajak seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang khususnya umat muslim agar senantiasa mencintai dan mempelajari Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup.


Pembukaan MTQ Ke-38 berlangsung meriah dengan penampilan parade defile peserta Kafilah dari 22 Kecamatan Kabupaten Muara Enim. Adapun MTQ Ke-38 ini memperlombakan 7 cabang dengan 23 tangkai perlombaan seperti tilawah, tartil dan tahfidz untuk kelompok anak, remaja, dewasa dan cacat netra.  


Dalam sambutannya, Pj Bupati Muara Enim yang hadir didampingi Kepala Kemenag Muara Enim Drs H Azhari Rahardi MSi dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari SSTP MSi mengatakan, MTQ ke-38 dengan Kecamatan Empat Petulai Dangku sebagai tuan rumah diharapkan menjadi momentum untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. 


"Sesuai tema MTQ Ke-38 ini, kita wujudkan SDM yang berkualitas, profesional dan manjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menuju Kabupaten Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera (Merakyat)," kata PjBupati. 


Lebih lanjut, Pj Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Alquran.


Menurutnya, Al-Qur’an sebagai sumber dari segala sumber hukum dan sumber ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji," ungkap Kurniawan.


"Sehingga Pemerintah Kabupaten Muara Enim memandang bahwa keluhuran ajaran Al-qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup manusia perlu dikembangkan melalui proses pendidikan, baik secara formal maupun non formal," tegasnya.



Untuk mendukung hal tersebut, dirinya menjelaskan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah meluncurkan program Khotmil Qur’an yang diikuti oleh Pelajar SD, SMP sederajat, termasuk guru, staf dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Se-Kabupaten Muara Enim.


Pelaksanaan MTQ ke-38 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 ini, tegasnya mempunyai peran penting dalam proses pembinaan dan penyeleksian para kafilah Bumi Serasan Sekundang untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) dan MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Selatan mendatang. 



"Untuk itu mari kita perbaiki prestasi dan mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih besar lagi karena nantinya diharapkan para kafilah kita mampu berlomba dengan kafilah-kafilah dari kabupaten/kota lainnya," terangnya.


Kepada seluruh peserta kafilah, Pj Bupati menyampaikan selamat bermusabaqah dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta, pelatih dan official dari seluruh kecamatan, serta semua pihak dan stakeholder yang telah ikut serta berpartisipasi.


Pj Bupati mengajak, semuanya agar berkompetisi secar baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah Islamiah.


" Terkhusus kepada seluruh masyarakat

Kecamatan Empat Petulai Dangku yang

saya banggakan, saya ucapkan selamat dan terima kasih telah menjadi tuan rumah

penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten

Muara Enim kali ini. Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur," ujar Pj Bupati.

No comments

Powered by Blogger.