Sebanyak 21 OPD Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Pali,liputansumsel.com--Sebanyak 21 Peserta dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengikuti Pelatihan Jurnalistik bertempat di Caffe At The Star, Jalan Merdeka Beracung Indah PALI, Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (1/11/2022).

Perlunya Pelatihan Jurnalistik ersebut tuntuk pengembangan Informasi Digital bagi OPD Kabupaten PALI agar mampu Menulis Berita di setiap kegiatan yang ada, sehingga memudahkan para Pembaca dalam mengabarkan hal-hal positif melalui media.


“Sejak saya menjadi Wartawan Jawa Post, standarisasi harus S1 itu harga mati, karena standarisasi Wartawan adalah Intelektual,” ujar Imron Supriyadi, S.Ag., M.Hum., sebagai Trainer dari Kota Palembang pada sambutannya.

Dalam Sesi Materinya, Imron Supriyadi, S.Ag., M.Hum., menyampaikan dasar dalam pembuatan suatu berita, dan bagaimana membedakan mana Berita Fakta dan Opini agar dapat mengembangkan informasi dan mencerdaskan masyarakat.

“Berita Fakta merupakan suatu berita yang benar ada atau terjadi (peristiwa), Berita Opini adalah sebuah gagasan atau pikiran untuk menerangkan preferensi atau kecenderungan terhadap Ideologi Perspektif yang memiliki sifat tidak Objektif,” ujarnya.


Pelatihan ini akan berguna untuk OPD PALI agar mampu Menulis Berita di setiap kegiatan yang ada di OPD tersebut, dan juga akan memudahkan para pembaca dalam mengabarkan hal-hal positif melalui media.

Ditempat yang sama, Arizal salah satu peserta latihan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten PALI, dalam diskusinya menyampaikan, bagaimana membedakan Wartawan yang benar sebagai Profesinya dan Wartawan yang abal-abal.

“Yakni menunjukan Identitas (ID Card) sebagai Wartawan, dan untuk menanyakan dari media mana, bisa dilihat di Bok Redaksi Media tersebut,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.