SMK Negeri 8 Palembang, Terapkan Ilmu dan Pengetahuan Sekolah dengan Praktek Lapangan


Palembang,  Liputan Sumsel. Com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu sekolah yang cukup banyak diminati siswa maupun siswi karena mempunyai Kapasitas praktek yang lebih banyak dibandingkan teori.


Seperti salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Palembang Provinsi Sumatera Selatan, untuk mengembangkan bakat dan potensi peserta didik  pihak sekolah menerapkan 70%  praktek dan 30% teori di semua Bidang mata Pelajaran.


Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Palembang, Rafli, S.Pd, M.Pd mengungkapkan melalui kegiatan praktek yang diadakan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat meningkatkan

mutu dan wawasan dasar dalam dunia usaha atau dunia industri.


"Ketika praktek peserta didik diajukan kepada Industri untuk melakukan magang, jadi langsung melakukan praktek di lapangan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diajarkan Sekolah, Ujarnya saat diwawancara di SMK Negeri 8 Palembang, Kamis (26/01/2023).


"Dalam pelaksanaan tersebut dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha atau dunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing di sekolah untuk memiliki ilmu- ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia industri, "ungkapnya.


Tujuan Praktek ini bukan hanya kegiatan magang biasa, melainkan jalan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi peserta didik.


Siswa-siswi SMK Negeri 8 Palembang dapat melakukan praktek diberbagai perusahaan yang ada di Sumatera Selatan seperti di Industri Perhotelan, Asosiasi Kontraktor Indonesia , Astra Motor, Instansi Pemerintah dan Instansi Perusahaan.


"Dengan Jurusan yang ada di SMK Negeri 8 Palembang seperti Jurusan Tata boga, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Jurusan Perhotelan, usaha perjalanan wisata dan akuntansi. Kita harapkan siswa dan siswi dapat

dapat menjadi seorang lulusan yang berkualitas, dengan skill dan kemampuan siswa yang sangat dibutuhkan ketika sudah terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya."tutupnya.(Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.