Mau Lantai Lebih Bersih dan Kesat? Ikuti Tips Membersihkan Lantai Rumah Berikut!

Sumber: pexels.com

Menjadi idaman bagi setiap pemilik tempat tinggal apabila mempunyai hunian yang lantainya selalu bersih mengkilap dan wangi. Memang terlihat sederhana, tapi tidak semudah itu karena material lantai yang digunakan juga berbeda-beda.

6 Tips Membersihkan Lantai Rumah agar Lebih Bersih dan Kesat

Nah, untuk itu kita simak dulu tips membuat lantai bersih dan kesat berikut ini tergantung dari material yang digunakan.

1. Lantai Kayu

Di balik penampilannya yang cantik, lantai kayu punya treatment tersendiri untuk membersihkannya. Yaitu, gunakan sapu atau vacuum cleaner yang mampu mengangkat kotoran berukuran partikel kecil.

Kalau mau menggunakan kain pel, airnya jangan terlalu banyak, dan gunakan cairan pembersih khusus untuk kayu.

2. Lantai Vinyl

Cara membersihkan lantai vinyl adalah cukup bersihkan dengan menggunakan sapu dan penyedot debu, juga kain pel yang basah. Jika ada goresan, Anda bisa menambahkan sedikit pemutih. Kemudian bilas kembali menggunakan air bersih.

3. Lantai Keramik

Merupakan jenis lantai yang paling mudah digunakan, bahkan menggunakan dengan segala macam jenis cairan pembersih.

4. Lantai Batu

Cara membersihkan lantai batu terbilang cukup mudah. Cukup gunakan vacum cleaner untuk mengangkat debu, lalu bersihkan kembali dengan pembersih lantai.

5. Lantai Cork

Untuk mempermudah membersihkan lantai Cork, berikan lapisan ekstra seperti sealant akrilik atau poliuretan. Jangan terlalu banyak menggunakan air karena akan menghilangkan lapisan pelindungnya.

6. Lantai Linoleum

Apabila ada noda yang membandel, gosok ringan dengan sponge basah yang sudah dicelupkan ke dalam larutan pembersih lantai. Apabila dalam keadaan normal saja, cukup dengan vacuum cleaner dan sapu saja.

Itulah tips mengepel dan tips membuat lantai bersih dan kesat.

Solusi Lantai Bersih Bebas Kuman

Setelah tahu tips membuat lantai bersih dan kesat, kita menuju lantai bersih bebas kuman. Pel seluruh permukaan lantai, kemudian bilas lantai hingga bersih. Gunakan tips mengepel pada point2 di atas. dan bila perlu gunakan alat pel uap.

Untuk memiliki rumah yang nyaman dihuni tidak cukup hanya dengan bersih saja, melainkan juga bebas kuman. Anda bisa menggunakan pembersih lantai dan karbol, loh.

Karbol lantai berfungsi untuk membersihkan dan membunuh kuman serta bakteri pada bagian rumah yang kotor.

Manfaat Karbol Lantai

   Pembersih kamar mandi

Untuk menetralisirkan bau yang kurang sedap, Anda bisa menggunakan karbol lantai tanpa campuran air, dan kuman yang ada di dinding kamar mandi bisa dibasmi dengan karbol.

   Membersihkan Lantai Ruang Tamu dan Kamar Tidur

Agar memberi rasa nyaman pada keluarga dalam beraktifitas di lantai, gunakan karbol lantai dengan aroma hutan pinus/cemara, lemon, dan aroma serai.

   Mengusir Serangga

Karbol lantai juga mempunyai kemampuan dalam mengusir serangga, yaitu yang mengandung minyak serai (citronella).

   Membersihkan Bak Cuci Piring

Pada kenyataannya karbol lantai berbeda dengan pembersih lantai biasa. Selain bermanfaat untuk membersihkan lantai, juga mampu membersihkan  bak cuci piring. Karena karbol memiliki manfaat lebih dari pembersih lantai biasa.

Karbol cair juga ramah lingkungan dan menjadi solusi lantai bebas kuman. Anda bisa membeli produk-produk karbol lantai di Blibli.com saja.

Blibli ada banyak macam pilihan karbol cair lantai dengan berbagai varian aroma dan ukuran. Cara ordernya juga sangat mudah. Dengan kategori yang sangat lengkap, Blibli.com juga bisa menerima  COD.

Apalagi pelayanan customer service yang diberikan adalah 1/24 jam dan 7 hari full. Jadi jika sewaktu-waktu membutuhkan, bisa langsung order tanpa harus menunggu besok.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.