Pemkot Palembang Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat


Palembang,  Liputan Sumsel. Com -  Pemerintah Kota Palembang meningkatkan kualitas 41 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi warga kota setempat.


"Untuk meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama milik daerah itu terus dilakukan berbagai program peningkatan SDM dan penambahan fasilitas pendukung," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di Palembang, Jumat, (28/04/2023).


Selain puskesmas, menurut Fitrianti, pihaknya juga berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dua rumah sakit milik daerah yakni RSUD Bari dan RSUD Gandus.


"Saya akan terus mendorong pimpinan, tenaga medis, dan non-medis yang terlibat dalam pengelolaan fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas serta rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan diri dan menambah fasilitas pendukung," ujarnya.


Menurut dia, peningkatan pelayanan kesehatan sebagai cerminan dari kemajuan pembangunan, terutama bidang kesehatan di Ibu Kota Provinsi Sumsel ini.


Dia menjelaskan, peningkatan pelayanan kesehatan mulai dilakukan dengan meningkatkan kemampuan tenaga medis, peralatan medis, dan tenaga pendukung/non-medis.


Selain itu, juga perlu peningkatan kemampuan berkomunikasi, terutama yang bertugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat.


Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, katanya, petugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat bisa memberikan pemahaman terhadap prosedur pelayanan kesehatan yang ada di faskes atau rumah sakit.


"Terkadang ada masyarakat atau pasien yang kurang memahami prosedur pelayanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, mereka perlu dibantu oleh petugas dengan memberikan penjelasan menggunakan bahasa yang bisa mereka pahami," kata Fitrianti(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.