Header Ads


 

DWP Tingkatkan Peran Wujudkan Sumsel Maju untuk Semua

Peringati HUT ke-21 DWP


PALEMBANG - liputansumsel.com--  Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H.Nasrun Umar menghadiri Puncak Acara Hari Ulang Tahun ke-21 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumsel, di Gedung Wanita Seiwijaya Rajawali, Senin (7/12). Di usianya yang demikian itu, Sekda Sumsel berharap peran DWP semakin matang mendampingi ASN serta berkontribusi nyata bagi pembangunan menuju Sumsel Maju untuk Semua.

"Usia 21 itu artinya DWP sudah cukup dewasa. Makanya pesan Saya DWP harus semakin dewasa dan matang mengemban tugasnya sebagai pendamping ASN. Selain itu teruslah berperan aktif  mengaktualisasikan diri memberikan kontribusi untuk kemajuan Sumsel," ujarnya.

Meski di tengah pandemi, Nasrun menghimbau agar DWP tetap aktif berkiprah terlebih saat ini sudah ada Pergub 37 Tahun 2020 yang dapat dijadikan acuan dalam beraktivitas.  Gubernur mengeluarkan Pergub 37 Tahun 2020 adalah kebijakan yang sangat tepat agar dapat mengantisipasi kehidupan new normal. Masyarakat menurutnya tidak boleh takut tapi dengan virus ini namun harus tetap waspada. 

" Karena itu silahkan lakukan program-program DWP tentunya dengan mematuhi regulasi Protokol Kesehatan. Rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan pakai masker. Kita pakai masker itu bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga menyelamatkan orang lain," terangnya.

Sementara itu, Ketua DWP Provinsi Sumsel Hj. Renny Nasrun Umar memaparkan menginjak usianya yang ke 21, DWP diibaratkan seperti seorang wanita muda cantik smart dan memiliki potensi besar. Sehingga diharapkan DWP dapat mengembangkan dirinya menjadi pendamping setia ASN dalam memajukan organisasi dan mendukung pemerintahan.

"Setelah Munas 2019 lalu, Ketua DWP Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengajak semua bangkit dengan ide baru agar anggota DWP menyesuaikan diri di era digital dalam meningkat perekonomian keluarga," jelas Renny.

Lebih jauh dikatakannya, tahun 2020 merupakan tahun yang penuh perjuangan dimana semua orang di seluruh dunia harus melawan virus yang kejam. Untuk itu DWP kata Renny, harus dapat menyesuaikan diri akan dampak Covid 19, dan aktif melakukan pencegahan dengan menerapkan 3 M. yakni Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan rajin memakai masker. 

Dalam berbagai kegiatan jelas Renny, DWP Sumsel terus berupaya aktif berpartisipasi mengimbangi kegiatan DWP Pusat diantaranya mengikuti webinar-webinar nasional yang sangat edukatif. Juga melakukan berbagai program peningkatan ekonomi keluarga seperti bermitra dengan UMKM, melakukan program hidroponik hingga memelihara lele dalam ember dan eco printing.

Bahkan DWP juga ikut bakti sosial korban kebakaran, juga membantu masyarakat yang terdampak covid. Termasuk melakukan penanaman bibit pohon di aliran sungai dan lainnya.

"Semangat ini tetap kami hidupkan dengan melaksanakan program kerja rutin, melakukan konsolidasi kabupaten dan kota dan DWP di lingkungan OPD," jelasnya.

Adapun tema HUT kali ini adalah Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan Keluarga Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Penasehat DWP Provinsi Sumsel Hj. Febrita Lustia HD, mewakili Ikatri DPRD Sumsel, Samantha Tivani Yasser B.Bus Ketua Persit KCK Daerah II Sriwijaya Shinta Agus Suhardi, dan Ketua DWP Kabupaten/Kota se Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut diumumkan pula para pemenang lomba E-Reporting Terbaik, dan Lomba Sekretariat terbaik.*******


No comments

Powered by Blogger.