Kisruh RT RW Di Mediasi Lurah dan Camat


Prabumulih -liputansumsel.com-- Polemik warga Kelurahan Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih terkait Sebagian Warga yang meminta pergantian Ketua RW dan RT Kelurahan Setempat, berujung mediasi atau Musyawarah.


Musyawarah yang berlangsung di Kantor Kelurahan Muntang Tapus tersebut, ditengahi langsung oleh Wakapolsek Prabumulih Barat Iptu Fredi Silalahi, Camat Prabumulih Barat Edi Susanto SH MSi. maupun Lurah setempat Diana Puspita SH berikut Perangkat Kelurahan lainnya, Selasa (14/02/2023).

Dalam musyawarah ini juga, pihak Kelurahan Muntang Tapus mendatangkan perwakilan Warga yang meminta Pergantian RT 11, RT 12, maupun RW 03. berikut Ketua RT maupun Ketua RW yang bersangkutan.

"Memang benar ada aspirasi dari warga meminta pihak kelurahan untuk mengganti Ketua RW dan RT. Untuk itu, di sini kita memanggil semua pihak untuk duduk bersama dan Bermusyawarah mencari solusi atau mencari jalan tengah dari permasalahan-permaslahan ini," terang Camat Prabumulih Barat Edi Susanto saat dibincangi wartawan usai mediasi.

Selain itu, Edi Susanto menjelaskan bahwa, dalam mediasi tersebut, telah di dapati kesepakatan bahwa, RW 03 yang saat ini menjabat siap mengundurkan diri dari jabatannya terhitung pada Januari 2024 mendatang.

"Alhamdulilah tadi pada saat musyawarah Masyarakat terus menjaga Kamtibmas, dan nilai kekeluargaan. Kemudian, terkhusus untuk RW 03, Sebenarnya di dalam SK bahwa Ketua RW saat ini habis masa jabatannya di tahun 2025, namun tadi dirinya menyepakati dan telah membuat surat pernyataan bahwa dirinya siap mengundurkan diri pada januari 2024 mendatang dan semuanya sudah tertuang dalam berita acara yang telah kita sepakati bersama," ucapnya.

Dalam kesempatan itu dirinya berharap kepada masyarakat setempat untuk dapat menerima keputusan ini, dan terus mendukung RT dan RW sekarang ini, serta selalu menjaga suasana Kondusif dan Kekeluargaan di Kelurahan Muntang Tapus, sehingga pihak Kelurahan dapat menjalankan fungsi dan tugasnya tanpa kendala.

"Dari sini kita belajar, bahwa komunikasi itu penting. Jadi jika masyarakat ada menemukan kendala, silahkan laporkan ke RT dan RW atau pihak Kelurahan, agar setiap permasalahan dapat di tindak lanjuti," tukasnya.

Sementara itu, Lurah Muntang Tapus, Diana Puspita SH saat dimintai keterangan terkait musyawarah ini, mengatakan bahwa pihaknya berharap mendapatkan hasil yang terbaik. Baik itu bagi masyarakat maupun baik bagi pihak Kelurahan Muntang Tapus.

"Kita di tengah, intinya kita ingin yang terbaik, selesai aman dan tentram dengan bermusyawarah. Kita juga berharap kepada warga untuk melapor jika ada keluhan, untuk di carikan solusinya. Dan untuk Ketua RT dan RW yang lain kami harap berkerjalah dengan sesui tupoksi kita masing-masing. Di sini kita adalah pelayan masyarakat, jadi ya harus melayani masyarakat," ungkapnya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.