Melalui MCS Wahyu Peroleh Informasi Terbaru Mengenai Program JKN


Prabumulih,liputansumsel.com -  BPJS Kesehatan kembali membuka kanal layanan Mobile Customer Service (MCS) di Kota Prabumulih. Kali ini layanan dibuka di Kelurahan Gunung Ibul. MCS merupakan titik layanan berupa mobil yang dilengkapi dengan infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, penanganan pengaduan serta pemberian informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Dwi Asmariyati, mengungkapkan, kehadiran MCS akan semakin mendekatkan dan meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Diharapkan, masyarakat semakin mudah dalam mengurus hal-hal yang berkaitan dengan program JKN.


"Aktivitas Mobile Customer Service dilaksanakan setiap hari kerja dengan sasaran pasar, desa/ kelurahan/ kecamatan. MCS ini juga mendatangi puskesmas-puskesmas di Kota Prabumulih," ujar Dwi kepada Tim Jamkesnews pada Senin (8/5).


Dwi mengungkapkan, jenis layanan yang dapat diberikan dalam MCS diantaranya pendaftaran baru Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, pendaftaran Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN) baik secara kolektif maupun individu.


Kedua, pelayanan perubahan data dan pembayaran iuran seperti perubahan data Peserta Bantuan Iuran (PBI), perubahan data PPU PN, perubahan identitas peserta, perubahan FKTP, perubahan kelas rawat, perubahan status kepesertaan, perubahan nomor handphone dan email, mutasi kurang data anggota keluarga PBPU, perbaikan data ganda, pembayaran iuran, penonaktifan dan pengaktifan kembali WNI di luar negeri. Ketiga, layanan pemberian informasi dan penanganan pengaduan.


"Keberadaan MCS membuat masyarakat tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan. Karena semua urusan-urusan terkait JKN bisa dilakukan melalui Mobile Customer Service. Sehingga akan lebih hemat waktu, biaya, dan tenaga," papar Dwi.


Dwi juga menyampaikan bahwa masyarakat kini tidak perlu lagi untuk mencetak kartu JKN karena hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat juga tetap bisa mengakses layanan JKN. 


“Sesuai dengan regulasi yang berlaku bahwa KTP sebagai identitas tunggal pelayanan publik, oleh karena itu peserta dapat mengakses layanan Kesehatan tanpa menggunakan Kartu Indonesia Sehat. Cukup hanya menggunakan KTP atau KK saja sudah bisa dilayani di Fasilitas Kesehatan.” Kata Dwi.


Sejak pertama kali dilaksanakan, animo masyarakat sangatlah besar, mereka yang biasanya tidak sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan karena kesibukan masing-masing kini dapat memanfaatkan MCS.


Hadirnya MCS ini mendapatkan respon positif dari peserta JKN. Salah satunya Wahyu Putra Pratama (30) peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Ia mengatakan, adanya layanan MCS ini dapat menghemat waktu tanpa datang ke Kantor BPJS Kesehatan.


“Jadi gampang bila mau mengurus karena dekat. Di MCS saya melakukan pengecekan apakah kartu saya masih aktif atau tidak. Diinformasikan juga oleh petugas MCS untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN,” ungkap Wahyu.


Wahyu juga diinformasikan oleh petugas MCS bahwa untuk peserta yang menunggak iuran dapat melakukan cicilan melalui Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) pada aplikasi Mobile JKN.


Wahyu juga mengapresiasi kegiatan MCS yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Prabumuliih. 


“Kegiatan MCS ini sangat bagus ya, terutama dilakukan pada tempat-tempat yang strategis atau ramai. Dalam lingkungan Kelurahan Gunung Ibul ini juga sangat strategis karena masyarakat juga dapat mengakses dengan mudah layanan ini tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Selain itu juga kami juga memperoleh informasi terbaru mengenai Program JKN juga mengenai hak dan kewajiban sebagai Peserta JKN. Sangat Membantu sekali,”tutup Wahyu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.